Detail

Blog Image

KICK OFF, 120 TAHUN RSJRW MELAYANI, SELENGGARAKAN DONOR DARAH BERSAMA TEMAN DIFABEL DAN MASYARAKAT UMUM PADA PERINGATAN HARI DONOR DARAH SEDUNIA 2022

Hari Donor Darah Sedunia diperingati setiap tanggal 14 Juni. Tahun ini, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang(RSJRW) mengadakan donor darah sekaligus untuk mengawali rangkaian peringatan HUT ke-120thn RSJRW bersama teman-teman Difabel yang berkolaborasi dengan Dharma Wanita Persatuan RSJRW, Lingkar Sosial Indonesia(LinkSos), Unit Layanan Disabilitas Kec. Lawang, PMI Kab. Malang dan Rotary Club Malang Central. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Ex.IGD RSJRW pada 14 Juni 2022 yang dimulai pukul 08.00 WIB.

Donor darah kali ini turut dihadiri langsung oleh dr. Yuniar, Sp.KJ, MMRS selaku Direktur Utama dan Muspika Kec.Lawang beserta jajaran. Tak hanya teman-teman difabel, Civitas Hospitalia RSJRW dan Masyarakat Umum juga menjadi pendonor. Sebanyak 103 orang dengan jumlah 59 Laki-laki dan 44 Perempuan menjadi pendonor pada kegiatan ini. Sesuai dengan data oleh PMI Kab. Malang yang bertugas, Jumlah Golongan Darah A sebanyak 20, B sebanyak 34, AB 7 pendonor dan O sebanyak 42.

dr. Yuniar, Sp.KJ, MMRS memaparkan bahwasanya donor darah dipilih sebagai salah satu kegiatan peringatan HUT ke-120thn RSJRW dikarenakan stok darah selalu ada dan tidak mudah untuk mendapatkan donor disaat yang tepat dan merupakan salah satu bentuk amal yang paling mudah agar bisa memberikan apa yang sudah ada di tubuh kita. Kali ini, teman-teman difabel juga dapat berpartisipasi sebagai pendonor, tidak hanya bisa menerima bantuan tetapi dengan acara ini diharapkan dapat merubah minset bahwa difabel juga bisa berkontribusi dengan apa yang mereka miliki, sekaligus meningkatkan kepercayaan diri untuk para difabel. Selaku Direktur Utama, juga menggandeng LinkSos dan Unit Layanan Disabilitas untuk menggerakkan para difabel datang, juga bekerjasama dengan Yayasan Sedekah Masyarakat Indonesia untuk membantu para difabel sampai di tempat donor darah RSJRW.

Salah satu teman difabel, Priya asal Pakisaji Malang ini pertama kali sebagai pendonor berharap dengan mendonorkan darahnya dapat membantu orang-orang di luar sana yang memang membutuhkan. Diharapkan kegiatan ini bisa memberikan manfaat tidak hanya bagi penerima donor, tetapi juga dapat menggugah kepedulian masyarakat luas bahwa mendonorkan darah dapat menyelamatkan nyawa dan juga untuk meningkatkan kesehatan bagi pendonornya. Salam sehat.

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials