Detail

Blog Image

RSJRW LAKUKAN TOT PSIKIATRI GERIATRI TAHAP I BAGI SISTER HOSPITAL RSKD DADI DAN RSJ SOFIFI 6-7 NOVEMBER 2O21

Peningkatan keterampilan dan pengetahuan para pemberi asuhan khususya dalam pelayanan Psikiatri Geriatri menjadi tujuan utama pelaksanaan Training Of Trainers Psikiatri Geriatri Tahap I. Pelatihan ini sebagai tindak lanjut dadi initial assessment jejaring pengampuan layanan kesehatan jiwa pada lansia yang telah sebelumnya dilakukan pada September yang lalu di RSKD Dadi Makassar Sulawesi Selatan dan RSJ Sofifi Maluku Utara. Dua rumah sakit tersebut secara resmi menjadi sister hospital RSJRW melalui penandatanganan kerjasama jejaring pengampuan layanan kesehatan jiwa pada lansia.

Sesuai hasil asesmen yang telah dilakukan, saat ini pelayanan Psikiatri Geriatri RSKD Dadi dan RSJ Sofifi berada pada stratifikasi rintisan, dan diupayakan pada awal tahun 2022 dua rumah sakit tersebut berhasil mencapai stratifikasi sederhana. Salah satu upaya untuk mencapai stratifikasi tersebut adalah dengan meningkatkan jumlah SDM Multidisipliner terlatih.

TOT Psikiatri Geriatri I telah terlaksana pada 6-7 November 2021, bertempat di RSKD Dadi Makassar Sulawesi Selatan, pelatihan diikuti oleh pemberi asuhan multidisipliner dari RSKD Dadi dan RSJ Sofifi. dan dilakukan dengan metode pembelajaran hybrid yang mengkombinasikan metode daring dan luring baik bagi peserta maupun narsumber. Pelatihan ini menghadirkan tim ahli dari RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang  yang dipimpin langsung oleh Direktur Utama dr Yuniar, SpKJ, MMRS.  Pemateri terdiri dari

  1. Psikiater Konsultan Psikiatri Geriatri
  2. Dokter Spesialis Konsultan Penyakit Dalam Lansia
  3. Ahli Gizi
  4. Terapis Okupasi
  5. Perawat

Selain mendapatkan paparan materi dan berdiskusi langsung dengan para narasumber, peserta pelatihan juga bekesempatan melakukan role play kasus untuk lebih meningkatkan keterampilan.

Kegiatan TOT dibuka secara resmi oleh Direktur RSKD Dadi Makassar dr. Arman Bausat, Sp.OT(K)Spine, dan mendapatkan dukungan penuh dari Direktur RSJ Sofifi dr. Mochammad Al Habsi M.Kes.  Masih ada beberapa langkah yang harus ditempuh untuk dapat menjadi RS Jiwa dengan stratifikasi sederhana dalam pelayanan kesehatan jiwa pada lansia. Ke depan masih akan ada lagi berbagai pelatihan, pendampingan dan progran magang. Semoga Tuhan YME melancarkan dan memudahkan seluruh prosesnya sehingga tercipta kesetaraan layanan kesehatan jiwa bagi masyarakat di Sulawesi Selatan dan Maluku Utara.

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials