Detail

Blog Image

RSKD DADI PROVINSI SULAWESI SELATAN, RESMI MENJADI SISTER HOSPITAL RSJ DR. RADJIMAN WEDIODININGRAT

SYNTAX (Synchronize Treatment and Expertise) menjadi salah satu program gagasan Direktur Utama RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) dr. Yuniar Sp.KJ (K), M.MRS. Syntax lahir dengan tujuan menjembatani perbedaan kualitas layanan, fasilitas, keterbatasan tenaga ahli  dan meningkatkan jangkauan layanan kesehatan jiwa di Indonesia. Program tersebut senada dengan instruksi Kementerian Kesehatan RI bahwa setiap rumah sakit  UPT Vertikal wajib memiliki layanan unggulan dan mengampu rumah sakit lain.

RSJRW dengan layanan ekselensi Psikiatri Geriatri,  tepat pada tanggal 15 September 2021, melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Provinsi Sulawesi Selatan. Kunjungan dalam rangka penandatanganan nota kesepahaman pengampuan ekselensi layanan psikiatri geriatri ini bertujuan untuk meningkatkan akses layanan kesehatan jiwa lansia yang merata. Cita-cita dunia kesehatan jiwa saat ini adalah peningkatan akses layanan kesehatan jiwa yang merata dan adil untuk semua. Termasuk dalam hal pelayanan kesehatan jiwa subspesialis geriatri.

Direktur Utama RSJRW, dr. Yuniar Sp.KJ (K), MMRS  datang ke Makassar bersama tim Arum Swastika S.I.Kom, Moch. Hasim Ashari S.Kom, dan Ns. Rendi Yoga Saputra.  Rombongan mendapatkan sambutan yang begitu hangat oleh Direktur Utama RSKD Dadi, dr. Arman Bausat, Sp.B, Sp.OT (K) Spine beserta jajarannya. Dalam acara pembukaan, dr. Yuniar menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan yaitu advokasi, asesmen dan penandatanganan nota kesepahaman layanan psikiatri geriatri. Dr. Bausat pun menyambut dengan sangat hangat dan memiliki pemahaman yang sama tentang pemerataan SDM dan fasilitas yang mendukung kesehatan jiwa lansia.

Kunjungan dilanjutkan dengan melakukan asesmen fasilitas layanan di ruang Ketapang RSKD Dadi, yang merupakan bangsal rawat inap khusus psikiatri geriatri. Berdasarkan asesmen mandiri yang diisi, RSKD Dadi masuk dalam kategori rintisan, namun dr. Yuniar optimis bahwa RSKD Dadi memiliki modal besar dalam mengembangkan layanan kesehatan jiwa lansia. Berbagai program telah dilaksanakan oleh RSKD Dadi selama ini, seperti Bajita (Bantu Pasien Jiwa di Sekitar Kita), Bajita sendiri dalam Bahasa Makassar memiliki arti kebaikan kita. Papar dr. Yuniar, RSKD Dadi mampu menjadi pionir dalam layanan psikiatri geriatri di Indonesia Timur dengan bekerjasama dengan RSJRW.

Acara dilanjutkan dengan melakukan sosialisasi Temenin (Telemedicine Indonesia) antara IT RSJRW dengan tim IT RSKD Dadi. Meskipun jarak Makassar dan Malang berbeda pulau, dengan Temenin diharapkan dapat memudahkan Psikiater RSKD Dadi dalam berkonsultasi dengan Psikiater Subspesialis Geriatri di RSJRW dalam memberikan asuhan kepada pasien.

Kerja sama RSJRW dan RSKD Dadi menjadi awal pemerataan kualitas layanan kesehatan jiwa yang baik, dengan program Syntax semoga semakin banyak RSJ Daerah yang mendapatkan kesempatan pengampuan sehingga seluruh rakyat Indonesia mendapatkan kualitas layanan kesehatan jiwa yang bermutu.

 

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials