Detail

Blog Image

SELENGGARAKAN BIMBINGAN TEKNIS, RSJRW SIAP RAIH PREDIKAT WBK DAN WBBM

Bila berkunjung di instansi pemerintah, kerap terpampang spanduk, poster atau media promosi lainnya yang menggaungkan mengenai  Zona Integritas, WBK dan WBBM. Mengapa setiap intansi berlomba-lomba mendapatkan predikat WBK atau WBBM

Predikat tersebut sebagai validasi sebuah instansi telah melakukan upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik

Pada tahun 2017 RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang sempat mencanangkan Pembangunan Zona Integritas dan dilakukan penilaian dari Tim Internal Kementerian Kesehatan RI. Pada saat itu ada beberapa ketentuan yang belum dapat dipenuhi sehingga predikat WBK dan WBBM belum bisa disandang oleh RSJRW.

Berselang 4 tahun, kini di tahun 2021 segenap civitas hospitalia RSJRW berupaya kembali meraih predikat WBK dan WBBM yang sempat tertunda. Beberapa langkah yang telah dilakukan antara lain pembentukan kembali tim ZI dan melakukan pendampingan bimbingan teknis dari Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan RI.

Bimbingan dilakukan pada 2,3, dan 4 Juni 2021 dengan menghadirkan narasumber Siti Anugrah Hindun, S.IP, MM dan Ahmad Faisal S.Kom. Bimbingan dibuka secara resmi oleh Direktur Utama dr. Yuniar, SpKJ(K), M.MRS dan diikuti oleh seluruh Kelompok Keja (Pokja)

Secara umum disampaikan poses Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM melalui beberapa tahapan yaitu :

  1. PENCANANGAN ZI

   - Penandatanganan Pakta Integritas oleh seluruh atau sebagian besar pegawai

   - Pernyataan komitmen telah siap membangun Zona Integritas

  1. PEMBANGUNAN ZI

   - Menetapkan unit kerja yang akan diusulkan menuju WBK/WBBM

   - Membangun unit kerja menuju WBK/WBBM

  1. PENGUSULAN

   - Penilaian Mandiri oleh Tim Penilai Internal (TPI) dalam hal ini Kementerian Kesehatan RI

   - TPI melaporkan kepada pimpinan instansi

   - Pengusulan ke Kemen PAN RB

 

Selain memberikan gambaran umum mengenai rangkaian proses yang harus dijalani untuk meraih predikat WBK dan WBBM, narasumber juga memberikan pendampingan mengenai pemenuhan standar di setiap pokja.

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials