Detail

Blog Image

PERINGATI HARI LANSIA NASIONAL 2021, RSJRW WUJUDKAN DESA RAMAH LANSIA

29 Mei diperingati sebagai Hari Lansia Nasional setiap tahunnya. Di tahun 2021 RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang menyelenggarakan berbagai kegiatan guna memperingati Hari Lansia Nasional.  Kegiatan peringatan hari lansia diawali dengan melakukan siaran lansung di kanal instagram dengan masyarakat pada Jumat 28 Mei 2021. Kegiatan bertemakan “Lansia Bahagia Bersama Keluarga” disambut hangat oleh warganet yang menyimak dan berdiskusi bersama di sepanjang acara.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan vaksinasi pada 86 lansia di area Desa Sumberporong pada 29 Mei 2021. Meski telah lanjut usia, para lansia tetap bersemangat dan optimis bahwa vaksin menjadi salah satu upaya untuk menanggulangi pandemi COVID-19.

Puncak acara kegiatan hari lansia diwujudkan dengan kegiatan Wisata Jiwa dan penandatangan kerjasama pembangunan desa ramah lansia di Sumberporong Kecamatan Lawang pada 30 Mei 2021.  Kegiatan Wisata Jiwa menjadi kegiatan rutin bagi lansia sebelum pandemi COVID-19, sempat terhenti selama setahun melalui momen peringatan Hari Lansia Nasional, RSJRW kembali melaksanakan Wisata Jiwa bagi lansia di Desa Sumberporong. Beberapa penyesuaian dilakukan, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan kegiatan dilakukan dengan kombinasi luring dan daring, kegiatan luring dilakukan di Gedung Daycare Adiyuswa, dan diikuti secara bersamaan di beberapa balai warga dan kantor desa secara daring.

Sebagai upaya mensejahterakan lansia secara nyata dan berkesinambungan, pada kesempatan yang sama dilakukan penandatanganan kerjasama  Desa Ramah Lansia Sumberporong.  Kerjasama dilakukan antara RSJRW dengan Pemerintah Desa Sumberporong. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama RSRW dr. Yuniar Sp.KJ(K), M.MRS dan Kepala Desa Sumberporong Idhinnigrum, S.Sos disaksikan oleh Ketua Yayasan Gerontologi Abioso Lawang, Perwakilan Pemerintah Kecamatan Lawang, dan Lansia peserta Wisata Jiwa.

Penandatanganan ini menjadi momen awal pembangunan desa ramah lansia, dan secara bertahap akan dilakukan persiapan dan pembekalan hingga terwujudnya Desa Sumberporong Desa Ramah Lansia.

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials