Detail

Blog Image

TREN MEMELIHARA IKAN CUPANG APA ISTIMEWANYA UNTUK KESEHATAN MENTAL?

Ns. Rendi Yoga Saputra

“Berapa dari pembaca pasti mengenal seseorang yang semenjak pandemi COVID-19, memelihara ikan cupang? Atau mungkin pembaca sendiri memiliki beberapa ikan cupang di rumah? Bahkan orang yang biasanya tak tertarik memelihara ikan, nampaknya tak sedikit yang mulai mengkoleksinya. Tahukah Anda, memelihara ikan cupang tidak hanya tentang tren belaka tapi ternyata ikan petarung nan cantik ini memiliki efek positif untuk kesehatan mental”

Ikan Cupang atau bahasa latinnya Betta ini merupakan jenis ikan yang habitat aslinya beradai di kawasan Asia Tenggara, meliputi Thailand, Indonesia, Vietnam dan Kamboja. Ikan cupang merupakan ikan yang hidup dalam perairan tawar arus tenang. Di Indonesia ikan cupang banyak ditemukan di Kalimantan. Sedangkan di Thailand jenis ikan cupang dijadikan ikan petarung, bahkan raja Thailand menggemari ikan cupang hingga menjadi salah satu dari hewan nasional.

Ikan yang sebenarnya telah masuk di Indonesia sejak tahun 1990 sebagai ikan aduan ini ternyata muncul kembali menjadi tren saat pandemi COVID-19 melanda. Mulai dari pesohor, pekerja kantor, hingga anak-anak mulai memelihara ikan cupang di rumah. Banyak ahli ikan hias mengatakan bahwa Cupang merupakan jenis ikan hias yang paling mudah perawatannya dibanding jenis ikan hias lain. Tak memerlukan perawatan khusus dan makanan ikan Cupang pun relatif mudah didapatkan. Tak hanya ikan dan tank saja, Anda dapat mengkombinasikan teknik mini aquascape saat memelihara ikan cupang, yang tentu saja mempercantik ruangan. 

Lalu sebenarnya apa hubungan ikan cupang dengan kesehatan mental di masa Pandemi COVID-19? Berikut ini adalah rangkuman dari beberapa sumber dan jurnal penelitian tentang menggunakan ikan cupang dan ikan hias sebagai peliharaan di kala pandemi.

  1. Menghalau Rasa Kesepian

Ikan cupang merupakan ikan yang sering dipelihara menggunakan single fish tank atau wadah ikan tunggal di mana dalam kondisi normal, ikan tak dapat dicampur dengan ikan lain.  ini layaknya kita saat melaksanakan pembatasan sosial dan interaksi dengan dunia sekitar. Ternyata ditemani hewan peliharaan mampu menekan rasa kesepian yang dirasakan selama isolasi akibat COVID-19.

  1. Keep you occupy

Tentu saja memelihara ikan Cupang berarti kita harus memberi makan, mengganti air secara rutin dan menghias tank dengan ornamen. Menghias dengan batu-batuan di sekitar rumah atau dengan diisi tumbuhan air yang mempercantik tampilan tank, dapat membuat individu memiliki kegiatan yang positif sehingga lebih sedikit waktu untuk meratapi apa yang sedang terjadi. Beristirahat sejenak dari berpikir tentang Virus COVID-19 amatlah penting untuk kesehatan mental kita, sejenak alihkan perhatian pada hal lain, mampu membantu kita berpikir lebih jernih.

  1. Memperbaiki Mood

Penelitian yang dilakukan oleh Gee dkk., menyatakan bahwa pada subjek penelitian yang mengamati aquarium dengan isi ikan hias dan tanaman air memiliki perubahan mood yang signifikan. Beberapa individu saat diwawancarai mengatakan perubahan mood tersebut adalah hasil dari pengamatan sifat ikan yang tampak tenang berada dalam air. Perubahan mood tentu saja sering terjadi saat kita berada dalam isolasi ataupun saat bekerja dari rumah.

  1. Mendukung Relaksasi

Mengamati ikan berenang dengan tenang, serta didukung oleh suara gemricik air dari aerator, ternyata mendukung relaksasi. Oleh karena itu tak jarang pula saat kita mengunjungi pusat kebugaran seperti spa ataupun tempat yoga, sering menggunakan design ruangan yang terdapat kolam ikan koi dan suara aliran air. Efek tenang yang dihasilkan dapat membuat tubuh rileks dan pikiran yang tenang.

  1. Menekan Kecemasan

Pada penelitian yang dilakukan oleh Gee dkk, pada kelompok yang mendapat perlakuan dengan mengamati ikan hias juga melaporkan adanya pengurangan dalam hal kecemasan. Orang yang berada pada ruangan dengan tank ikan hias mengalami penurunan tingkat kecemasan.

  1. Mengurangi kejenuhan dan mengistirahatkan mata

Bagi Anda yang bekerja dari rumah dan sering menghabiskan waktu berjam-jam menatap layar komputer ataupun menghadiri rapat daring, tentu saja perasaan jenuh dan bosan akan datang. Anda dapat sebentar mengamati perilaku ikan dalam tank. Sesekali alihkan pandangan dan fokus mata dari layar. Kejenuhan dan ketegangan dalam otot mata yang telalu lama berakomodasi dapat berkurang.

Warna ikan cupang yang cerah, berwarna warni serta bentuk sirip dan ekor ikan yang lebar menambah kecantikan dari ikan cupang. Jenis ikan cupang halfmoon pun menjadi primadona, hal ini dikarenakan jenis ekor dan sirip yang lebar, nampak seperti kain dari gaun yang menari-nari di dalam air. Bermacam-macam bahan aquarium dan jenis ikan cupang saat ini tersedia di berbagai toko terdekat ataupun di toko-toko online marketplace, jadi mengapa Anda tidak mencoba memelihara ikan cupang atau ikan hias lain? Jangan terkejut saat membuktikan efek positif yang dihasilkan memelihara ikan untuk kesehatan mental. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan kejernihan air tank ya…

Referensi:

Gee, N. R., Reed, T., Whiting, A., Friedmann, E., Snellgrove, D., & Sloman, K. A. (2019). Observing live fish improves perceptions of mood, relaxation and anxiety, but does not consistently alter heart rate or heart rate variability. International journal of environmental research and public health16(17), 3113.

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials