Detail

Blog Image

BERDAMAI DENGAN EPILEPSI

Epilepsi atau yang lebih dikenal masyarakat dengan penyakit ayan hingga saat ini masih lekat dengan stigma negatif. Meski epilepsi telah dikenal masyarakat sejak lama namun pemahaman mengenai penyakit ini masih rendah. Untuk mengurangi stigma negatif dan mengurangi beban moral penderita dan keluarga maka edukasi promosi mengenai mitos dan fakta seputar Epilepsi harus terus ditingkatkan. Bertepatan dengan momen peringatan Hari Epilepsi Sedunia atau lebih dikenal dengan Purple Day, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RJRW) menyelenggarakan acara Caregiver Gathering yang mengulas mitos dan fakta seputar pengobatan Epilepsi.

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Senin 25 April 2017 dan dihadiri oleh 25 peserta yang terdiri atas penderita dan keluarga (caregiver). Secara umum kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup penderita dan keluarga dengan memberikan semangat dan edukasi. Pada kesempatan tersebut peserta mendapatkan dua paparan materi yakni:

  1. Tata Laksana Epilepsi oleh dr. Hari Budi Susetyo Sp.S
  2. Cara Mengenal Delirium (penurunan kesadaran secara mendadak) oleh dr. Nindita Pinastikasari Sp.KJ

Selain paparan materi tersebut, peserta juga mendapatkan kesempatan langsung untuk berdiskusi dan berkonsultasi seputar permasalahan yang mereka alami seperti kepatuhan minum obat, menghindari bangkitan, dan bagaimana tetap aktif berkarya seperti manusia sehat pada umumnya.

Untuk menumbuhkan semangat dan kepercayaan diri penderita dan keluarga para pembicara juga menyampaikan bahwa Epilepsi sebenarnya sama dengan penyakit-penyakit kronis atau penyakit menahun lainnya. Epilepsi dapat diobati dan dikendalikan sehingga penyandang dapat hidup normal bahkan berprestasi. Acara dibuka secara simbolis oleh Direktur Medik dan Keperawatan dr. Yuniar Sp.KJ dan disambut sangat antusias oleh seluruh peserta. Sebagai langkah tindak lanjut, dalam waktu dekat akan dibentuk grup terapi yang diharapkan dapat menumbuhkan semangat sekaligus mengurangi beban penderita dan keluarga (hukormas pkrs rsjrw 0341 426015 ext 1154).  

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials