Detail

Blog Image

PEMBINAAN DESA SIAGA SEHAT JIWA DI DESA WONOREJO KABUPATEN MALANG

RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) telah melaksanakan Pembinaan Desa Siaga Sehat Jiwa (DSSJ) di Desa Wonorejo, Kec. Singosari, Kabupaten Malang pada Senin 6 Maret 2017. Melalui program DSSJ RSJRW berupaya mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam mendeteksi, mencegah serta menanggulangi  masalah kesehatan jiwa di masyarakat. Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama RSJRW bersama Puskesmas Ardimulyo, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Pemerintah Desa Wonorejo Singosari Kabupaten Malang. Pembinaan DSSJ merupakan langkah tindak lanjut dari pencanangan Desa Wonorejo sebagai DSSJ pada 22 Februari 2017 yang lalu. Saat ini di Desa Wonorejo terdapat 44 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang hidup berdampingan dengan masyarakat, dimana 3 diantaranya adalah mantan korban pasung yang telah mendapatkan pengobatan dan rehabilitasi di RSJRW.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB ini diisi dengan berbagai kegiatan,  diawali dengan senam yang diikuti oleh ODGJ, keluarga dan kader jiwa, selanjutnya ODGJ mendapatkan pemeriksaan gratis dari tim dari Puskesmas Ardimulyo dan RSJRW. Pada kesempatan yang sama ODGJ juga mendapatkan Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) yang bertujuan untuk meningkatkan  kesadaran  tentang hubungan antara reaksi emosional diri sendiri dengan perilaku defensive (bertahan terhadap stress) dan adaptasi. Tidak hanya itu, peserta juga mendapatkan materi  penyuluhan dari Psikiater dr. Eko Djunaedi Sp.KJ dan Tenaga Promosi Kesehatan Bapak Nur Asrori S.ST mengenai Peran Serta Keluarga dalam Perawatan Pasien Gangguan Jiwa, Manfaat Kontrol Bagi Penderita Penyakit Jiwa dan Bagaimana Memahami Kekambuhan ODGJ.

Ke depan, pembinaan DSSJ akan dilaksanakan secara rutin setiap satu bulan sekali dan diharapkan melalui kegiatan tersebut angka kekambuhan ODGJ dapat diturunkan, kondisi sehat jiwa dapat terus dipertahankan dan peran serta keluarga dalam proses penyembuhan ODGJ dapat ditingkatkan. Serangkaian acara diakhiri dengan kegiatan rehabilitasi pembuatan kerajinan kemoceng untuk melatih keterampilan dan kemandirian ODGJ (hukormas & pkrs rsjrw 0341 426015).

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials