Detail

Blog Image

DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DAN PAYUDARA MELALUI TES IVA DAN SADANIS

Menurut penelitian Globacon (IARC tahun 2011, ) di Indonesia setiap 100.000 penduduk terdapat 40 orang penderita kanker payudara dan 17 orang penderita kanker leher rahim (serviks), angka tersebut semakin meningkat dari tahun ke tahun. Sebagai negara berkembang, penduduk Indonesia memiliki faktor resiko terkena kanker payudara dan serviks yang cukup tinggi. Hal tersebut dikarenakan rendahnya tingkat pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan bahaya kanker serviks dan payudara. Menanggapi fenomena tersebut  Ibu negara Hj. Iriana Joko Widodo dan Hj. Mufidah Jusuf Kalla memberikan himbauan kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI untuk bersama-sama mewujudkan Wanita Indonesia Sehat Bebas Kanker Servik dan Payudara melalui penyelenggaraan bulan Deteksi Dini Serviks dan Kanker Payudara.

 RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang  (RSJRW) turut berpartisipasi dengan menyelenggarakan kegiatan deteksi dini kanker serviks dan payudara melalui pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) dan SADANIS (Pemeriksaan Payudara Klinis). Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama RSJRW dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) RSJRW, Puskesmas Kecamatan Lawang dan BPJS Kesehatan Malang. Sebanyak 100 peserta yang terdiri karyawati RSJRW dan anggota DWP menjalani pemeriksaan tes IVA dan SADANIS secara gratis. Kegiatan berlangsung di operation room dan dibuka langsung oleh Direktur SDM dan Pendidikan dr. Didit Roesono Sp.KJ. Sebelum melaksanakan pemeriksaan peserta diberikan edukasi mengenai “Penanggulangan Kanker Payudara dan Leher Rahim” oleh narasumber dr. Nunis Nur Azizah.

Pada kesempatan tersebut dijelaskan bahwa pemeriksaan rutin minimal satu tahun sekali penting untuk dilakukan, karena deteksi dini akan memudahkan proses pengobatan. Namun di lapangan kanker payudara dan serviks sering kali terdeteksi saat sudah stadium lanjut, dimana proses pengobatan yang harus dilakukan menjadi lebih sulit dan biaya pengobatannya pun menjadi lebih mahal. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan resiko terkena kanker payudara dan serviks antara lain dengan cek kesehatan berkala, jauhkan diri dari asap rokok, rajin aktivitas fisik, diet sehat, istirahat cukup, kelola stress dan dianjurkan untuk melakukan vaksin HPV (Human Papiloma Virus) – asw hukormas 0341 426015 ext 1154.

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials