Detail

Blog Image

HAPPY HEARTS AT RSJRW

Kesehatan jiwa sama pentingnya dengan kesehatan fisik, maka sudah sepantasnya permasalahan kesehatan jiwa mendapatkan perhatian lebih layaknya permasalahan kesehatan fisik pada umumnya. Pembicaraan mengenai kesehatan jiwa sering kali masih dianggap tabu di masyarakat, meski angka penderita gangguan jiwa dari tahun ke tahun semakin meningkat. Menurut World Health Organization (WHO), saat ini Depresi tercatat menjadi salah satu beban penyakit tertinggi di dunia. Rentang usia dewasa kaum pekerja, menjadi salah satu kelompok yang beresiko terkena depresi. Salah satu faktor pemicunya adalah stress di tempat kerja. Fenomena tersebut diangkat menjadi tema perayaan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) tahun ini, yakni “Mental Health in the Workplace”.

RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) sebagai penyedia layanan kesehatan khusus jiwa, mencoba memaknai perayaan HKJS tahun ini dengan merangkul semua civitas hospitalia untuk bersama-sama sejenak melepas penat di tempat kerja dengan mengadakan acara “Happy Hearts @ RSJRW Lawang”.  Peringatan HKJS di RSJRW tahun ini dilaksanakan pada Selasa 10 Oktober 2017 di halaman Unit Rehabilitasi Fisik. Ratusan civitas hospitalia dari berbagai latar belakang profesi turut hadir memeriahkan kegiatan tersebut. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan pada perayaan KHJS tahun ini diantaranya, senam Brain Gym, festival jajanan tradisional, fun game, sharing season mengenai kesehatan jiwa di tempat kerja, menyanyi dan menari bersama, serta konsultasi gratis bersama psikolog.  

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Direktur Medik dan Keperawatan, dr. Yuniar Sp.KJ, di sela-sela sambutannya disampaikan bahwa kaum pekerja menghabiskan waktu kesehariannya di tempat kerja dan berhadapan dengan berbagai keadaan yang dapat menjadi resiko penyebab depresi. Beberapa faktor pemicu depresi antara lain interaksi antar jenis pekerjaan, lingkungan organisasi dan manajemen, tugas yang tidak sesuai untuk kompetensi seseorang dan permasalahan kesejahteraan di tempat kerja. Namun faktor resiko tersebut bukan sebuah masalah yang tidak dapat diatasi. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh pekerja diantaranya mencari kegiatan positif di luar pekerjaan yang bisa menjadi media penyalur emosi di tempat kerja, berbagi cerita tentang tekanan pekerjaan  kepada teman atau saudara, atau berkonsultasi dengan para profesional.

Kegiatan bertema “Menjaga Kesehatan Jiwa Raga, Menjaga Kualitas Pelayanan” ini disambut antusias oleh seluruh partisipan, karena melalui kegiatan tersebut civitas hospitalia dapat sejenak melepas penat pekerjaan dan menguatkan kembali hubungan diantara karyawan (asw hukormas 0341 426015 ext 1154)

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials