Detail

Blog Image

TINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA RSJRW GELAR PELATIHAN TOT BAGI TIM CODE RED

Rumah sakit merupakan area berpotensi terjadi bencana maka kesiapsiagaan dan kompetensi tim penanggulangan bencana atau Tim Code Red harus terus ditingkatkan. RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) bekerjasama dengan CV. Aproteco menggelar pelatihan Training of Trainer (TOT) dan simulasi kebakaran bagi seluruh Tim Code Red dan 10 petugas satuan pengamanan. Pelatihan dilaksanakan pada 12-13 September 2017 dan dibuka langsung oleh Direktur Utama dr. Laurentius Panggabean Sp.KJ, MKK.

Di hari pertama pelatihan peserta diberikan materi penanganan bencana kebakaran seperti: Anatomi Api dan Kebakaran, Sistem Proteksi Kebakaran, Evakuasi dan Penyelamatan, Pembentukan Tim Darurat Kebakaran, dan Audit Sistem Fasilitas Penanggulangan Kebakaran. Di hari kedua untuk mengetahui dan mengukur pemahaman peserta dilaksanakan simulasi kebakaran.  Simulasi dilakukan di area gedung Poliklinik Kesehatan Jiwa (PKJ) dengan melibatkan Tim Code Red, karyawan dan pengunjung. Di akhir sesi pelatihan dilaksanakan evaluasi untuk menilai capaian pemahaman materi sehingga dapat menjamin kelangsungan program pada pelatihan berikutnya.

                TOT Code Red dalam Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran ini merupakan langkah awal dari pelaksanaan pelatihan Code Red bagi seluruh karyawan RSJRW. Nantinya peserta yang lulus dalam pelatihan TOT ini akan mendapatkan sertifikat sebagai trainer yang berkompeten untuk melatih kesiapsiagaan bencana. Sebagai upaya monitoring kesiapsiagaan bencana Komite K3 bersama Tim Code Red melaksanakan simulasi bencana setiap 3 bulan sekali dan melakukan pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Hydrant, dan Alarm Kebakaran secara berkala (asw hukormas rsjrw 0341 426015 ext 1154).  

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials