Detail

Blog Image

Waspada Penggunaan Jangka Panjang Obat Anti-Nyeri Kepala

Riza Ridho DS, MPharm, Apt

Apoteker RSJ Dr Radjiman Wediodiningrat Lawang

 

 

Pada tahun 1950an suatu fenomena baru terjadi di Swiss. Karyawan suatu pabrik farmasi mengalami sakit kepala yang diduga disebabkan karena pemakaian berlebih dari obat anti-nyeri kepala yang mengandung phenacetine (1). Hal ini terkonfirmasi setelah fenomena yang sama juga berhasil diamati pada penggunaan secara berlebihan obat anti-nyeri kepala yang mengandung ergotamine  di mana keluhan sakit kepala yang dialami membaik setelah obat yang dikonsumsi dihentikan (2). Pada tahun 2004, the International Headache

Society mengklasifikasikan hal ini sebagai medication-overuse headache (MOH) (3).

 

 

Diketahui bahwa sekitar 4% dari populasi di dunia menggunakan obat anti-nyeri kepala secara berlebihan dan sekitar 1% dari populasi di Eropa, Amerika Utara dan Asia mengalami medication-overuse headache (1). Secara umum hampir semua obat anti-nyeri kepala dapat menimbulkan medication-overuse headache. Obat-obat tersebut termasuk parasetamol, obat golongan non-steroid anti-inflamasi (NSAID) dan juga obat golongan triptan yang sering digunakan dalam terapi pengobatan nyeri kepala (4). Parasetamol dan obat golongan NSAID tersebut dapat secara mudah didapatkan secara bebas di pasaran yang memperbesar kemungkinan terjadinya penggunaan berlebihan oleh pasien.

 

Obat-obat anti-nyeri kepala tersebut pada dasarnya aman jika digunakan sesuai dengan petunjuk dokter. Namun kemungkinan digunakan secara berlebihan oleh pasien dapat memicu terjadinya medication-overuse headache yang dapat memperparah kondisi kesehatan pasien. Jika pasien mengalami gangguan sakit kepala lebih dari 4 hari dalam sebulan, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan terapi yang sesuai dan jangan bergantung pada obat-obat anti-nyeri kepala yang dibeli secara bebas (5).

 

Jika sudah mendapatkan terapi anti-nyeri kepala dari dokter, hal-hal berikut harap diperhatikan untuk mencegah terjadinya medication-overuse headache :

 

Tabel 1. Maksimal Penggunaan Obat Anti-Nyeri Kepala dalam Sebulan (4)

Golongan Obat

Maksimal penggunaan dalam 1 bulan

Contoh Nama Obat

Analgesik opioid (termasuk codeine)

Golongan triptan

Golongan ergotamin

10 hari

Codeine

Sumatriptan

Ergotamine

Parasetamol

Obat golongan NSAID

15 hari

Parasetamol

Asam Mefenamat

Ibuprofen

Natrium Diklofenak

 

 

Penting untuk selalu mengkomunikasikan kondisi kesehatan dan juga penggunaan obat-obat yang rutin dikonsumsi dengan dokter dan apoteker untuk mencegah terjadinya medication-overuse headache.

 

 

 

 

Daftar Pustaka

 

  1. Diener H-C, Limmroth V. Medication-overuse headache: a worldwide problem. Lancet Neurol. 2004 Aug 1;3(8):475–83.

 

  1. Peters GA, Horton BT. Headache: with special reference to the excessive use of ergotamine preparations and withdrawal effects. Proc Staff Meet Mayo Clin. 1951 Apr 25;26(9):153–61.

 

  1. Headache Classification Subcommittee of the International Headache Society. The International Classification of Headache Disorders: 2nd edition. Cephalalgia Int J Headache. 2004;24 Suppl 1:9–160.

 

  1. Migraine - Australian Medicines Handbook [Internet]. [cited 2021 Feb 16]. Available from: https://amhonline.amh.net.au/chapters/neurological-drugs/drugs-migraine/migraine

 

  1. Medication overuse headache | Therapeutic Guidelines [Internet]. [cited 2021 Feb 16]. Available from: https://tgldcdp.tg.org.au/viewTopic?topicfile=medication-overuse-headache#toc_d1e467

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials