Detail

Blog Image

KENALI KONDISI PSIKOLOGIS IBU

Yuni Hermawaty, M, Psi, Psikolog

 

Ibu adalah orang tua perempuan seorang anak, baik melalui hubungan biologis maupun sosial. Panggilan ibu juga dapat diberikan untuk perempuan yang bukan orang tua kandung dari seseorang yang mengisi peranan penting pada anak. Menurut Sukmana (1995) ibu adalah seseorang yang memiliki peran penting dalam rumah tangga atau kehidupan keluarga yaitu mengatur tata laksana rumah tangga sehingga kondisi keluarga menjadi teratur dan rapih.

Di dalam rumah tangga tenyata peran ibu beraneka ragam, yaitu sebagai Manajer, pendidik anak , tukang serba bisa, chef (juru masak), perencana keuangan, dokter dan perawat, fashion stylist, Interior design, penjaga kebersihan, sahabat, teman curhat, teman hidup dan masih banyak peran lainnya yang sangat penting.

Karena banyak dan pentingnya peranan ibu di rumah, tidak jarang menimbulkan stres. Stres adalah reaksi seseorang baik secara fisik maupun secara psikis, dimana seseorang diharuskan menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Kenapa ibu bisa stres? Bisa banyak hal penyebabnya. Misalnya saja terdapat tekanan (baik dari dalam maupun dari luar), frustasi  karena selalu dibandingkan dengan ibu-ibu yang ideal menurut versi tertentu, adanya konflik, krisis kepercayaan dan kemampuan, masalah relasi dan lainnya. Kita tidak usah membedakan antara ibu yang bekerja dan ibu yang tidak bekerja, karena bagaimanapun jika terjadi ketidak seimbangan psikologis pada ibu, maka tetap akan terasa tidak nyaman.

Bagaimana ciri-ciri Ibu yang mengalami Stres ? hal ini bisa ditandai dengan munculnya reaksi fisik pada Ibu antara lain: jantung terasa berdebar-debar, keringat berlebihan, otot tegang, sakit kepala, sakit perut, nafsu makan berkurang/ berlebihan, sulit tidur, munculnya gangguan menstruasi. Jika  secara psikis ketika Ibu mengalami stres, yang dapat dikenali adalah ketika muncul perasaan cemas/ khawatir berlebihan, mudah tersinggung , sulit memusatkan perhatian, merasa kurang bersemangat.

Ketika ibu sedang merasa stres area keseimbangan di dalam rumah juga bisa terganggu. Pengasuhan anak menjadi lebih otriter misalnya. Apa yang dikerjakan anak harus sesuai apa yang diinginkan Ibu. Di dalam rumah muncul situasi yang tegang karena banyaknya tuntutan, anak terabaikan, pekerjaan rumah terabaikan, suami menjadi serba salah, dan bahkan ada yang kemudian melakukan kekerasan kepada anak.

Lantas sebaiknya apa yang harus dilakukan ibu agar tidak mudah stres?

  1. Kenali lebih dekat apa yang ibu rasakan, kesulitan, kekurangan dan perasaan yang muncul. Ibu boleh mengatakan kepada lingkungan jika ibu tidak mampu atau memerlukan bantuan. Ingat, manusia juga memiliki keterbatasan, jangan kemudian merasa jika dibantu berarti anda tidak hebat
  2. Tetap lakukan relasi sosial dan lakukan “curhat “ jika memang diperlukan. Sekalipun ibu sudah menikah dan memiliki anak, masih perlu ibu berkumpul dengan lingkungan sosial terutama yang mampu memberikan dukungan terhadap kondisi psikologis Ibu
  3. Sediakan waktu untuk diri sendiri, bisa lakukan refleksi, pijat atau meditasi
  4. Lakukan hobi sehat yang dapat meningkatkan kebahagiaan bagi ibu
  5. Makan-makanan yang bergizi serta dapat menimbulkan dampat kesehatan tubuh bagi Ibu.

Hal yang perlu ditumbuhkan dari diri Ibu adalah, Ibu yang diharapkan keluarga itu tidak selalu ibu yang ideal atau ibu yang hebat. Karena Ibu yang ideal dan hebat belum tentu bahagia, bisa jadi ibu ideal adalah ibu yang terlalu menuntut keras dirinya, sehingga akan mudah merasa lelah dan emosional. Berbeda jika ibu adalah ibu yang bahagia, ibu akan mengenali apa yang menjadi kebutuhannya dan keluarga, mengenali kelebihan dan kekurangan diri, merasa senang dan bahagia, mampu menyesuaikan diri dengan keadaan hidup sehari-hari, dapat menerima kekalahan/ pengalaman yang tidak menyenangkan sebagai pengalaman hidup, merasa nyaman dan puas dengan usaha diri sendiri, sehingga akan menyebarkan aura kebahagiaan pula di keluarganya. Jadi mari kenali psikologis ibu, jadilah  ibu yang bahagia.

 Selamat hari Ibu........Aku sayang Ibu ...

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials


Deprecated: Directive 'track_errors' is deprecated in Unknown on line 0