Detail

Blog Image

RSJRW RAIH PENGHARGAAN RS KHUSUS TERBAIK DALAM IMPLEMENTASI PENGHAPUSAN ALKES BERMERKURI

Konvensi internasional Minamata tahun 2013 telah menyepakati penghapusan penggunaan alat-alat kesehatan bermerkuri. Indonesia menjadi salah satu dari 50 negara yang telah menandatangani komitmen penghapusan alat kesehatan bermerkuri yang bertujuan untuk mengurangi risiko paparan merkuri terhadap pekerja dan pasien maupun lingkungan.

Komitmen tersebut dituangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2019 tentang Rencana Aksi Nasional Pengurangan dan Penghapusan Merkuri dan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2019 tentang Penghapusan dan Penarikan Alat Kesehatan Bermerkuri di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Kementerian Kesehatan RI memberikan instruksi kepada seluruh UPT penyedia layanan kesehatan di seluruh Indonesia untuk melakukan penghapusan alat kesehatan bermerkuri. Sebagai bentuk apresiasi atas kepatuhan penghapusan alat kesehatan bermerkuri, Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat berkolaborasi bersama Kementerian Perhubungan, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan Penghargaan kepada UPT Penyedia Layanan Kesehatan di seluruh Indonesia yang telah melaksanakan penghapusan alat kesehatan bermerkuri 100%.

Penghargaan diselenggaraan pada Selasa 17 November 2020 secara virtual.  RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) berhasil memperoleh penghargaan sebagai UPT Vertikal RS Khusus Terbaik yang menyelenggarakan Penghapusan Alat Kesehatan Bermerkuri 100%. Penyerahan penghargaan disaksikan oleh Jajaran Direksi, Pejabat Struktural dan Unit Kerja terkait.

Penghargaan ini menjadi pelecut semangat bagi segenap civitas hospitalia untuk meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian dalam menciptakan suasana kerja yang aman dan nyaman, baik bagi penyedia maupun penerima layanan.(asw 20)

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials


Deprecated: Directive 'track_errors' is deprecated in Unknown on line 0