Detail

Blog Image

MENJAGA KESEHATAN MATA SAAT PJJ

ALEK GUGI GUSTAMAN, SKM

( Anggota PPPKMI Provinsi JATIM )

Sistem belajar dari rumah atau yang dikenal dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) merupakan salah satu kebijakan yang dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Hingga kini, sejumlah Universitas dan Sekolah masih menerapkan sistem tersebut.

Perlu diketahui, kebiasaan menggunakan gawai dalam waktu lama dapat menimbulkan pengaruh buruk terhadap kesehatan mata. Berikut adalah bahaya kesehatan yang dapat merusak kesehatan mata akibat pakai gadget terlalu sering.

  1. Sindrom Mata Kering

Sindrom mata kering menujukkan adanya gangguan pada sistem produksi maupun distribusi air mata. Di mana gangguan ini bisa disebabkan oleh berbagai macam penyakit (multifaktorial).

Kondisi mata kering juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata  dan menyebabkan pandangan menjadi buram.

Jika dibiarkan, mata kering bisa berujung pada kerusakan lapisan kornea mata secara permanen.

Keluhan atau gejala yang sering terjadi pada kasus mata kering adalah sebagai berikut:

  • Rasa perih dan kekeringan pada mata.
  • Terasa seperti ada benda asing atau sensasi permukaan mata berpasir.
  • Mata merah.
  • Sering berair.
  • Iritasi mata.
  • Mata silau.
  • Penglihatan sedikit terganggu.

Penggunaan gadget secara berlebihan diketahui berkaitan dengan sindrom mata kering akibat frekuensi berkedip yang otomatis berkurang. Padahal, kedipan mata sangat berperan dalam menyebarkan air mata yang diproduksi oleh kelenjar di mata dan untuk membasahi permukaan mata.

  1. Rabun Jauh ( Miopia)

Miopia atau rabun jauh, merupakan kondisi penglihatan yang buram saat melihat benda-benda yang berjarak jauh. Meski begitu, mata tetap mampu melihat jelas benda yang berada di jarak dekat.

Beberapa penelitian terbaru menemukan, aktivitas melihat jarak dekat yang berlebihan (extensive near work), menjadi salah satu faktor yang menyebabkan rabun jauh.

Keadaan tersebut seringkali disebabkan karena penggunaan handphone atau gadget karena beraktivitas melihat layar gawai dengan jarak cukup dekat dan dalam waktu lama.

  1. Mata Lelah

Saat mata terasa lelah, tegang, serta pandangan menjadi kabur setelah bekerja dalam waktu yang lama, maka kemungkinan besar sedang mengalami astenopia.

Astenopia atau eye strain adalah kondisi yang terjadi ketika mata mengalami kelelahan setelah beraktivitas secara berlebihan. Melihat gadget terlalu lama juga sering dikaitkan dengan terjadinya kondisi ini.

  1. Degenerasi sel retina (Age Related Macular Degeneration)

Penelitian terbaru mengaitkan risiko penyakit kerusakan sel retina (ARMD) bisa muncul dengan cepat akibat menggunakan gawai secara berlebihan.

Kondisi tersebut disebabkan oleh sinar biru yang dipancarkan oleh layar gadget, yang ketika diteliti secara in vitro, ternyata dapat merusak sel-sel makula yang ada di retina.

Meski masih butuh penelitian lanjutan, hasil studi tersebut semestinya harus diwaspadai dan dihindari risikonya.

PJJ memiliki plus minusnya sendiri. Di satu sisi bisa kuliah / sekolah tanpa harus berpenampilan formal memakai seragam. Di sisi lain, akan terpaku di depan laptop, komputer atau ponsel lebih lama dari sebelumnya. Kondisi ini dapat memicu sejumlah masalah pada mata, seperti mata kering, gatal, mata kemerahan hingga sakit kepala di sekitar mata.

Untuk mengatasinya mungkin ingin mengurangi waktu di depan layar namun hal itu tentu sulit dilakukan, sebab PJJ mengharuskan kita mengikuti seluruh pembelajaran dan mengerjakan tugas dari Dosen / Guru di depan gawai. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melindungi kesehatan mata meski menghabiskan banyak waktu di depan layar laptop atau komputer. Berikut ini beberapa yang dapat dilakukan :

  1. Gunakan Kacamata

Untuk melindungi kesehatan mata, sebaiknya gunakan kacamata saat terlalu lama menatap layar gawai. Akan lebih baik untuk menggunakan kacamata anti radiasi yang dirancang khusus untuk melindungi mata ketika menatap laptop, komputer, smartphone maupun perangkat digital lainnya. Kacamata anti radiasi pada umumnya dilengkapi dengan lapisan lensa anti reflektif yang mampu mengurangi sinar menyilaukan dari gadget.

Selain itu, usahakan untuk tidak menggunakan lensa kontak selama berjam-jam saat sedang PJJ. Penggunaan lensa dalam waktu yang lama hanya akan memperburuk kondisi mata dan membuatnya semakin kering.

  1. Alihkan Pandangan Dengan Rumus 20-20-20

Seseorang harus bisa membatasi waktu untuk menatap layar secara disiplin. Pasalnya refleks mata untuk berkedip akan berkurang saat kita terlalu fokus menatap monitor dalam waktu yang lama. Usahakan untuk selalu menjauhkan mata dari layar setiap 2 jam sekali selama 15 menit. Jika kesulitan, kamu bisa memasang pengingat agar bisa melakukannya dengan lebih disiplin.

Selain itu, usahakan juga untuk mengalihkan pandangan menggunakan rumus sehat 20-20-20. Artinya adalah jauhkan mata dari layar laptop, komputer atau smartphone setiap 20 menit sekali dan pandangi objek sejauh 20 meter selama 20 detik. Dengan begitu, kesehatan mata akan lebih terjaga .

  1. Sering Berkedip

Tanpa disadari, saat membaca atau mengetik kita akan lebih jarang berkedip. Akibatnya, mata menjadi gatal, kering dan penglihatan terganggu. Padahal, berkedip dapat membuat mata tetap terhidrasi dan membuatnya kembali segar sehingga dapat menghindari gejala mata kering.

Oleh karena itu, usahakan untuk lebih sering berkedip saat sedang PJJ. Pejamkan mata sejenak saat mata mulai terasa kering dan lelah. Setidaknya kedipkan mata sebanyak 10-20 kali dalam 1 menit agar bagian dalam kelopak mata membasahi bola mata secara otomatis.

  1. Pijat Mata Secara Perlahan

Setelah berjam-jam menatap layar laptop atau komputer, mata dan area sekitarnya pasti akan terasa kaku dan pegal. Seperti halnya bagian tubuh yang lain, mata juga perlu dipijat untuk meredakan rasa lelahnya.

Untuk melakukannya,  hanya perlu memijat mata dengan gerakan memutar di area sekitar pelipis. Berikan juga tekanan lembut di area alis dan kantung mata. Agar hasilnya lebih maksimal dan memudahkan gerakan pijatan, kamu bisa menggunakan krim mata.

  1. Olahraga Mata

Selain melakukan pemijatan, sebaiknya lakukan juga olahraga mata. Cara ini penting dilakukan untuk membuat otot mata menjadi lebih kuat dan menghindari kemungkinan terjadinya penyakit mata seperti miopi dan astigmatisma. Selain itu jika dilakukan secara rutin, olahraga mata dapat mencegah cepat lelah atau merasa pusing saat sedang membaca.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat olahraga mata. Pertama, memutar bola mata berlawanan dan searah dengan jarum jam setiap 30 menit sekali. Kedua, menutup mata dengan telapak tangan untuk membuatnya tetap rileks. Ketiga, memfokuskan pandangan pada objek lain yang diulang selama beberapa kali. Keempat, memandang objek hijau seperti pepohonan selama 2-3 menit setiap 2-3 jam sekali.

  1. Kompres Mata Dengan Mentimun

Cara menjaga kesehatan mata berikutnya adalah dengan mengkompresnya menggunakan mentimun. Hal ini dikarenakan sensasi dingin dan segar yang dimiliki mentimun dapat membantu menjaga bengkak dan mengatasi kantong mata.

Untuk melakukannya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu meletakkan irisan mentimun pada kelopak mata sebelum tidur selama kurang lebih 10 menit. Lakukan kegiatan ini secara teratur agar hasilnya lebih maksimal saat sedang PJJ.

  1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Salah satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan rajin mengkonsumsi buah dan sayur. Terutama sayur yang mengandung banyak vitamin A dan beta karoten seperti wortel, ubi, brokoli dan bayam. Selain itu, juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung omega-3 seperti ikan kembung, salmon dan tuna.

Lengkapi juga dengan camilan sehat yang baik untuk kesehatan mata seperti dark chocolate, blueberry serta kacang almond dan sereal gandum. Dengan begitu, kesehatan mata akan lebih terjaga meski menghabiskan banyak waktu di depan layar laptop selama PJJ.

  1. Konsumsi Air Putih Secara Rutin

Mengkonsumsi banyak air putih ternyata juga bisa membantu menjaga kesehatan mata. Jika kamu meminum 8-10 gelas air per hari, tubuh akan terhidrasi dengan baik sehingga kamu bisa meminimalisir risiko terjadinya mata kering. Selain itu, sebaiknya hindari konsumsi minuman bersoda. Hal ini dikarenakan kandungan gula di dalamnya akan membuatmu cepat haus, tubuh kurang fit dan kondisi mata yang mudah kering.

Dalam edarannya, Kemenkes juga merekomendasikan beberapa cara lain untuk mencegah terjadinya gangguan penglihatan serta kebutaan.

  1. Hindari membaca dengan jarak yang terlalu dekat
  2. Membaca di tempat yang terang atau tempat dengan tingkat pencahayaan cukup
  3. Tidak membaca sambil tiduran
  4. Tidak menonton televisi pada jarak yang terlalu dekat
  5. Hindari penggunaan komputer dengan jarak monitor ke mata terlalu dekat
  6. Hindari penggunaan gawai terlalu lama
  7. Lakukkan gerakan atau olahraga mata agar lebih kuat dan elastis
  8. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan diet gizi yang seimbang
  9. Istirahat cukup
  10. Hindari asap rokok

Demikian delapan tips menjaga kesehatan mata yang bisa kamu terapkan selama PJJ.

 

*Disadur dari berbagai sumber

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials


Deprecated: Directive 'track_errors' is deprecated in Unknown on line 0