Detail

Blog Image

Fitur Baru dan Inovatif SIMRS: E-Claim

RSJ. Dr Radjiman Wediodingrat Lawang (RSJRW)  sebagai salah satu rumah sakit jiwa yang berstandar akreditasi internasional, membutuhkan berbagai aspek pendukung terciptanya pelayanan kesehatan yang mumpuni.  Salah satunya adalah pengelolaan rekam medis yang baik, benar dan mampu mendukung proses pelayanan yang cepat, tepat dan dapat dipertanggung jawabkan. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) memegang peran penting untuk terciptanya tertib administrasi rumah sakit.

Perjalanan SIMRS terus berkembang dan menunjukkan banyak inovasi baru guna memenuhi tuntutan perkembangan jaman. Beberapa pembaruannya antara lain adalah fitur E-Claim yang merupakan integrasi dari SIMRS dengan aplikasi klaim milik Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) untuk pembayaran perawatan yang di terima oleh pasien. Berkat inovasi ini pula RSJ menjadi satu-satunya RS di Malang yang sudah melakukan digital E-claim.

Registrasi online untuk pendaftaran pasien melalui website yang mempermudah pasien dalam menerima pelayanan kesehatan yang dibutuhkan. Sistem informasi pengingat untuk kontrol melalui SMS Blast yang dikirim ke nomor telepon genggam pasien atau keluarga, 3 hari sebelum jadwal kontrol yang ditentukan oleh dokter penanggung jawab pasien tersebut.

Perbaikan lain adalah adanya tambahan Form Assessment terstandar sesuai standar akreditasi internasional yang bisa di akses oleh pihak yang berwenang. Serta pelaporan jam Visite dokter yang terintegrasi dengan baik. Selain pada sistem dokumentasi pelayanan dan tindakan medis, fitur SIMRS yang unggul juga dapat dilihat dengan adanya pengembangan pada administrasi pelayanan penunjang. Contohnya adalah adanya Radiology Information System (RIS) merupakan suatu sistem yang mendukung rekam medis pasien pengguna Radiology menjadi filmless dan paperless, dan Laboratorium Information System (LIS) dimana hasil pemeriksaan laboratorium dari mesin langsung otomatis terekam pada SIMRS sehingga meminimalisir human error dan mengedepankan efisiensi waktu.

Di tengah pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia, dimana Jawa Timur merupakan salah satu zonamerah, SIMRS juga ikut memberikan pelayanan yang terintregasi dengan kebijakan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui SISRUTE Telemedis dimana dokter dari rumah sakit lain bisa berkonsultasi secara online dengan dokter di RSJRW untuk saling membantu menangani pasien yang terkonfirmasi COVID-19.

Inovasi yang semakin baik SIMRS bukan tanpa kendala, jaringan internet dan jaringan listrik yang tidak stabil membutuhkan kerjasama lintas sektor di RSJRW untuk diatas. Selain itu, kejadian salah input ataupun terjadinya human error dan beberapa kendala lain juga merupakan tantangan yang harus diselesaikan. Kendala tersebut dapat dijadikan motivasi untuk semakin meningkatkan pelayanan SIMRS guna mendukung proses manajemen pelayanan rumah sakit mulai dari pelayanan penegakan diagnosa, tindakan medis, rekam medis, penagihan, dan pelayanan farmasi serta pelayanan lainnya

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials


Deprecated: Directive 'track_errors' is deprecated in Unknown on line 0