Detail

Blog Image

TIDAK HANYA RAGA, JIWA PUN JUGA BUTUH WISATA

Kesehatan jiwa sama pentingnya dengan kesehatan jasmani, berwisata adalah salah satu cara mempertahankannya. Kebutuhan wisata tidak hanya berlaku bagi masyarakat di usia produktif, lansia pun membutuhkannya. Program Wisata Jiwa bagi lansia RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) yang telah diinisiasi pada 2019 yang lalu terbukti menjadi jawaban kebutuhan rekreasi dan relaksasi lansia.

Di awal tahun 2020, RSJRW kembali menyelenggarakan Wisata Jiwa bagi 24 lansia Desa Sumber Porong. Kegiatan dilakukan pada Kamis 27 Februari 2020. Berbeda dengan kegiatan sebelumnya, kali ini Wisata Jiwa terselenggara hasil kerjasama dengan Band Ikatan Keluarga Pensiunan RSJRW. Mayoritas peserta wisata jiwa kali ini adalah peserta dari kegiatan wisata jiwa yang telah diselenggarakan sebelumnya.

Beberapa kegiatan yang dilakukan lansia antara lain pemeriksan kesehatan, brain gym bersama, mendapatkan edukasi cuci tangan, etika batuk, melakukan kunjungan lapangan di ruang perawatan, menggambar dan menyanyi bersama. Meski terkesan sederhana, kegiatan ini ampuh untuk mengusir penat lansia dalam menghadapi kegiatan sehari-hari. Beberapa manfaat yang dapat dirasakan lansia saat mengikuti kegiatan ini antara lain mengurangi stres, memantau kondisi kesehatan fisik, dan melatih kemampuan koginitif dan motorik lansia. Saat ini kegiatan wisata jiwa menjadi program inovasi rumah sakit dan akan terus dikembangkan agar dapat memberikan manfaat lebih pada kesehatan jiwa lansia

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials


Deprecated: Directive 'track_errors' is deprecated in Unknown on line 0