Detail

Blog Image

MENYIAPKAN ANAK BERMENTAL TANGGUH DI ERA DIGITAL

"buat apa sih ilmu parenting, trus apa pentingnya? "

 "mau jadi orang tua aja ribet banget”

“ ibu bapakku dulu tidak kursus ilmu parenting juga berhasil mendidik anak-anaknya"

Pernyataan-pernyataan tersebut kerap dilontarkan oleh orang tua yang belum menyadari pentingnya belajar “ilmu parenting”. Anak adalah amanah bagi orang tua, terbentuknya karakter anak sangat dipengaruhi  pola asuh orang tua. Maka orang tua memiliki peran kunci dalam membentuk karakter dan menyiapkan anak untuk menjadi individu mandiri yang sehat dan produktif.

Ilmu parenting adalah  ilmu yang membahas tentang mendidik terutama memberikan pola asuh yang benar sesuai tumbuh kembang anak. Maka orang tua harus terus belajar untuk menerapkan pola asuh yang tepat sesuai dengan perkembangan usia anak.

Guru pertama anak adalah orang tuanya. Mereka pertama kali belajar tentunya dengan pendampingan orang tua. Menyadari pentingnya pola asuh yang tepat bagi perkembangan fisik dan mental anak, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) turut berpartisipasi dalam kegiatan Rihand Creative pada seminar  Menyiapkan Anak Bermental Tangguh di Era Digital.

Sabtu 18 Januari 2020, lebih dari 200 orang tua memadati gedung Arauna Lawang untuk menyimak seminar parenting yang menghadirkan narasumber Dr. Rini Handayani, M.Pd.K.,P.C konselor anak dan orang tua, dr. Tiwik Koesdiningsih Sp.KJ (K) dokter spesialis Kedokteran Jiwa konsultan Anak dan Remaja, dan Shanti Yanuarini, M.Si praktisi Sahabat Belajar Anak.

Pada kesempatan tersebut, para orang tua belajar untuk mengenali lebih jauh karakter anak dan menentuka pola asuh yang tepat bagi mereka. Beberapa materi yang disampaikan antara lain Tumbuh Kembang Mental Anak, Melatih Daya Juang Anak untuk Belajar, dan Menyiapkan Anak untuk Berhasil dan Gagal. Pada kesempatan yang sama orang tua dan narasumber juga berdiskusi mengenai problematika pengasuhan anak di era digital agar orang tua tidak tertinggal dan sigap beradaptasi sesuai kebutuhan.

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials


Deprecated: Directive 'track_errors' is deprecated in Unknown on line 0