Detail

Blog Image

GALI POTENSI DIRI MELALUI BAKAT MINAT

Yuni Hermawaty, M.Psi,

Psikolog

Pentingnya informasi yang komprehensif mengenai bakat minat seseorang memberikan peluang  dan pengetahuan yang baik bagi seseorang menjalankan aktivitas dan bidang kegiatannya sesuai dengan bakat dan minatnya tersebut. Harapannya ketika bakat minat sesuai maka ia semakin mengenal dirinya dan menempatkan diri sesuai potensi, kapasitas dan arah keinginan yang sesuai. Ketika seseorang bekerja atau melakukan hal yang sejalan dengan dirinya maka berharap akan optimal dan rentan terhadap kebosanan tau masalah psikologis yang disebabkan oleh ketidak mampuan atau kesalahan “memilih”/

Lantas lebih jauh lagi apakah yang dimaksud dengan Bakat ?, bakat secara pengertian bahasa berarti aptitude/ talent. Yaitu kapasitas/ ketrampilan  seseorang menguasai suatu pengetahuan khusus dengan latihan (respon yang terorganisir) ataupun tidak. Kemampuan ini tentunya lebih menonjol dan istimewa dari pada oranglain.

Kita bisa mencontohkan bakat itu seperti : memiliki kemampuan berbicara bahasa, kemampuan mengerjaan tugas mekanik, kemampuan musical, kemampuan gerak, dan lainnya. Yang paling khas adalah kemampuan ini berkembang dengan istimewa dan dapat terlihat kuat menonjol.

Seorang anak bisa memiliki bakat yang diturunkan dan ada yang berkembang dengan sendirinya. artinya faktor genetik masih memungkinkan bagi seorang anak memiliki bakat tertentu. Yang lebih dominan adalah bagaimana kepekaan terhadap anugrah bakat tersebut dan latihan . respon yang terorganisir melalui latihan. Perkembangannya bisa berasal dari faktor internal ataupun faktor eksternal.

Bagaimana cara mengetahui adanya bakat seseorang ? dilakukan tes melalui TES BAKAT. Tes bakat sendiri bisa dilakukan dalam satu aktivitas tertentu ataupun dlam rentang tertentu.

Contoh yang dapat diuangkap dari tes bakat : seperti bakat bahasa, bakat kemampuan bicara, bakat angka, bakat mekanik, koordinasi motorik, bakat daya ingat, bakat abstraksi, bakat musikal dll.

Akan sangat baik jika orantua peka terhadapp bakat yang dimiliki atau yang diasah dari anak sehingga berkembang sesuai dengan kapasitasnya. Sangat disayangkan jika bakat ini kemudian tertidur dan tidak dikembangkan pada anak.

Pembahasan berikutnya adalah pembahasan mengenai minat. Mengapa dibedakan antara bakat dan minat? Lantas apakah minat itu ? Tes minat merupakan tes yang disusun untuk mengetahui minat seseorang berdasarkan sikapnya pada suatu kegiatan atau pekerjaan tertentu. Kondisi kesenangan sangat berperan pada tes minat. Tes minat diharapkan berfungsi sebagai media untuk mempertegas arah sikap seseorang atas apa yang ia inginkan atau pilih. Perkembangan jaman dan banyaknya pilihan berdasarkan keinginan membuat seseorang atau individu mudah galau. Dengan adanya tes ini diharapkan seseorang akan lebih terfasilitasi dan lebih ajeg menentukan keingianannya.

Contoh yang dapat diungkap dari TES MINAT adalah apakah seseorang berminat pada biddang musik, bidang pekerjaan atau kegiatan yang rutin, minat angka, ,minat relasi sosial, minat pekerjaan atau bidang sosial service, penelitian dan minat lainnya.

Pemilihan kegiatan atau pekerjaan berdasarkan apa yang diinginkan bertujuan untuk meminimalis permasalahan psikologis akibat ketidaknyamanan pemilihan / salah pilih/ paksa pilih. Sebagian besar enelitian menjukkan bagi seseorang yang salah pilih akan membuat ia berhenti ditengah jalan tau berputar haluan memilih hal yang baru lagi. Tenaga profesional tentunya akan melakukan pemeriksaan komprehensif mengenai bakat dan minat yang seusai dengan diri seseorang sehingga ptensi dirinya akan berkembang dengan sesuai.

Saat ini yang teroenting adalah jika merasa atau mengalami dilema memilih jalur karier atau galau mengenai potensi diri sehingga membuat seseorang tidak menyukai pilihan atau pekerjaan saat ini maka cobalah salah satu tes minat bakat yang disarankan. Hasil yang diperoleh akan memberikan lebih banyak informasi mengenai potensi dan hal menarik bagi kamu. Hasil tes bakat minta bisa menggambarkan bidang kegiatan atau karier apakah yang paling sesuai dengan dirimu, sehingga dapat mempertimbangkan minat kamu saat ini, hal yang kamu sukai dan tidak sukai, serta pengalaman sebelum memutuskan jalur kegiatan / karier yang akan ditempuh. Tes bakat minat diciptakan sebagai alat bantu untuk membimbing dan mendorong ke arah yang tepat.

 

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials


Deprecated: Directive 'track_errors' is deprecated in Unknown on line 0