Detail

Blog Image

GANDENG BPBD, RSJRW SELENGGARAKAN TOT TIM TANGGAP BENCANA

Berlokasi di area perbukitan dengan dikelilingi tiga gunung api yang masih aktif diantaranya Gunung Bromo, Gunung Semeru dan Gunung Arjuno, membuat RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) sebagai area berpotensi terdampak bencana. Sesuai dengan pemetaan bencana yang telah dilakukan oleh Tim Tanggap Bencana, rumah sakit berpotensi terdampak bencana gempa bumi, kebakaran dan tanah longsor.

Rumah sakit wajib tetap melakukan kegiatan operasional dalam situasi bencana. RSJRW sebagai unit pelayanan kesehatan rujukan memiliki peran yang sangat penting dalam pelayanan kegawatdaruratan terutama pada kejadian bencana atau kejadian yang menimbulkan korban massal. Sebagai upaya menjaga kesiapsiagaan Tim Tanggap Bencana, rumah sakit melalui Komite Kesehatan dan Keselamatan Kerja Rumah Sakit (K3RS) menyelenggarakan Training of Trainer (TOT) Kesiapsiagaan Bencana pada 4-5 Desember 2019.

Kegiatan ini diikuti oleh 22 calon trainer yang terdiri dari Psikiater, Dokter Umum, Psikolog, Ahli Gizi, Tim Code Red, Tim Code Blue dan anggota Komite K3RS. Bertindak sebagai narasumber tim dari Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang dengan materi Hospital Disaster Plan, Evakuasi Korban, Simulasi tanggap bencana dan Teknik melatih dan menjadi instruktur.

Pelatihan ini memberikan output Tim Tanggap Bencana internal yang tersertifikasi BPBD yang kompeten dan  sigap menghadapi terjadinya bencana. Pelatihan tanggap bencana menjadi agenda rutin rumah sakit,  tim yang telah tersertifikasi akan membuat modul pelatihan yang akan diajarkan kepada sejawat civitas hospitalia.  Diharapkan melalui sosialisasi dan simulasi yang dilakukan, civitas hospitalia semakin paham cara yang benar dalam penanganan bencana serta dapat meningkatkan kewaspadaan saat terjadi bencana.

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials


Deprecated: Directive 'track_errors' is deprecated in Unknown on line 0