Detail

Blog Image

SIAPKAN GENERASI PENERUS BANGSA YANG TANGGUH DAN SEHAT JIWA, RSJRW TINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN JIWA ANAK DAN REMAJA

Kesehatan jiwa anak remaja menjadi salah satu bagian penting dari pelayanan RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW). Sesuai dengan renstra rumah sakit pada tahun 2020-2024 yang mengedepankan taraf kesehatan mental yang baik di segala rentang usia salah satunya pada rentang usia anak dan remaja.

Saat ini dinamika permasalahan kesehatan anak remaja menjadi semakin beragam dan kompleks. Orang tua juga semakin sadar akan pentingnya kesehatan jiwa pada buah hati mereka. Kebutuhan masyarakat terhadap layanan kesehatan jiwa dalam rentang usia ini semakin tinggi.

Di RSJRW data SIMRS mencatat bahwa di Klinik Anak dan Remaja pada tahun 2017 terdapat pasien baru sejumlah 83 orang dan tahun 2018 sejumlah 85 orang dan di penghujung tahun 2019 ini menunjukkan tren yang semakin meningkat dengan kasus yang semakin beragam.

Menjawab tantangan tersebut, maka sangat penting untuk meningkatkan kompetensi pemberi pelayanan di rumah sakit terkait kesehatan jiwa anak remaja melalui sebuah pelatihan dengan pendekatan yang komprehensif menilik kebutuhan asuhan pasien dari berbagai kacamata profesi.

Kompetensi pemberi asuhan kesehatan jiwa anak remaja yang tinggi pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan mutu pelayanan secara berkelanjutan, sehingga rumah sakit dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mewujudkan generasi penerus bangsa yang sehat jiwa dan raganya.

Rumah sakit menyelenggarakan pelatihan kesehatan jiwa anak dan remaja pada 19-20 November 2019 bagi 30 pemberi asuhan yang terdiri dari psikiater, perawat, psikolog, terapis okupasi, gizi dan terapis wicara. Berbeda dengan pelatihan yang telah diselenggarakan sebelumnya, pelatihan ini menghadirkan narasumber komperhensif dari berbagai latar belakang disiplin ilmu. Mulai dari konsultan kesehatan jiwa anak dan remaja, perawat spesialis jiwa, trainee IMHTCT, Psikolog, Ahli Gizi, dan Terapis Okupasi.

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials