Detail

Blog Image

GANDENG IFL, RSJRW SELENGGARAKAN PELATIHAN HIDROPONIK DAN PEMASARAN BAGI 30 REHABILITAN

Sebagai upaya menyiapkan rehabilitan menjadi pribadi yang mandiri di masyarakat, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) bekerjasama dengan Indonesia Future Leader (IFL) menyelenggarakan pelatihan keterampilan hidpronik dan pemasaran produk  pada 16-17 November 2019. Sebanyak 30 rehabilitan antusias mengikuti pelatihan yang dipandu langsung oleh praktisi hidroponik Rudi Santoso, pada sesi tersebut rehabilitan didampingi fasilitator dilatih untuk bercocok tanam secara hidroponik mulai dari penyiapan media tanam, proses menanam, perawatan, masa panen hingga memulai proses tanam kembali.

Pelatihan hidroponik dirasa cocok diajarkan sebagai salah satu jenis keterampilan rehabilitan karena bertani menjadi salah satu mata pencaharian yang cukup umum dijalani rehabilitan sebelum menjalani perawatan di rumah sakit. Hidroponik juga menjadi metode tanam yang sedang digemari masyarakat karena selain tidak membutuhkan area tanam yang luas, perawatan yang cukup mudah,  dengan nilai jual yang relatif tinggi. Diharapkan melalui pelatihan ini rehabilitan memiliki keterampilan yang diaplikasikan ketika kembali di tengah masyarakat.

Usai menjalani pelatihan hidroponik, rehabilitan juga mengikuti pelatihan pemasaran sederhana dengan narasumber pakar pemasaran Arief Budiono. Pemasaran menjadi tema penting yang diajarkan kepada rehabilitan. Setelah berhasil membuat sebuah karya yang bernilai ekonomi langkah selanjutnya adalah bagaimana memasarkan produk tersebut sehingga dapat diterima oleh konsumen dan rehabilitan sebagai produsen mendapatkan manfaat secara berkelanjutan.

Ke depan diharapkan akan diselenggarakan berbagai pelatihan serupa dengan jenis keterampilan lainnya, sehingga rehabilitan memiliki pilihan keahlian yang beragam sesuai dengan bakat dan minatnya.  

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials