Detail

Blog Image

PERNAK PERNIK BATIK CIPRAT BERHASIL MEMIKAT PENGUNJUNG PAMERAN PEMBANGUNAN KESEHATAN TAHUN 2019

Tahun ini dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke -55, Kementerian Kesehatan RI menyelenggarakan Pameran Pembangunan Kesehatan pada 7 hingga November 2019 bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang.

Mewujudkan bangsa Indonesia yang unggul dan maju harus dimulai dari memastikan sumber daya manusia (SDM) sehat lahir dan batin. Mewujudkannya, Kemenkes RI mengangkat tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul” pada peringatan HKN tahun ini.

Sebagai salah satu UPT Kementerian Kesehatan RI, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) turut berpartisipasi dalam pameran Pembangunan Kesehatan dengan mengajak masyarakat yang hadir pameran untuk menurunkan stigma terhadap ODGJ dan penyandang disabilitas. Tahun ini RSJRW menjual dan memamerkan berbagai produk fashion berbahan dasar batik ciprat. Batik ciprat adalah bentuk keahlian baru yang diajarkan kepada rehabilitan di RSJRW.

Bekerjasama dengan Yayasan Kinasih Blitar, kain batik ciprat yang telah diproduksi oleh rehabilitan kemudian diolah menjadi tas, clutch, laptop sleeve, dompet dan pernak pernik lainnya. Di yayasan kinasih batik ciprat diolah menjadi barang bernilai ekonomi tinggi oleh para penyandang disabilitas.

Karya ODGJ dan penyandang disabilitas berhasil menarik perhatian pengunjung pameran, banyak yang tidak mengira pernak pernik cantik yang dipamerkan adalah hasil para ODGJ dan penyandang disabilitas. Momen pameran peringatan HKN ini menjadi kesempatan emas bagi RSJRW untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa ODGJ maupun penyandang disabilitas mampu untuk berkarya dan mandiri secara ekonomi. Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh tim untuk menggandeng berbagai pihak yang ingin bekerjasama dan  membantu ODGJ serta penyandang disabilitas untuk dapat lebih mengembangkan kemampuannya.

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials