Detail

Blog Image

TURUNKAN ANGKA KEMATIAN IBU DAN BAYI, RSJRW SELENGGARAKAN PELATIHAN PELAYANAN OBSTETRI NEONATAL EMERGENSI

Angka Kematian Ibu (AKI) pada data Profil Kesehatan Indonesia tahun 2018 yang dirilis Kementerian Kesehatan RI di tahun 2015 sebesar 305 kasus dari setiap 100.000 kelahiran hidup. Ditargetkan pada pada tahun 2030 AKI di Indonesia turun menjadi 131 per 100.000 kelahiran hidup.  RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan turut berpatisipasi menurunkan angka kematian ibu dengan menyelenggarakan Pelatihan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi pada 12-13 November 2019. Pelatihan ini didesain untuk mempersiapkan petugas pelayanan kesehatan agar mampu melakukan pengelolaan Kegawatdaruratan Obstetri dan Neonatal Esensial Dasar di tingkat pelayanan kesehatan primer.

Meski dikenal sebagai penyedia layanan kesehatan jiwa, RSJRW tetap memiliki layanan IGD yang menerima pasien dengan kondisi bervariasi salah satunya adalah kondisi Ibu yang akan segera melahirkan. Menyikapi kebutuhan tersebut, sebanyak 27 peserta pelatihan yang terdiri dari dokter dan perawat IGD akan belajar selama dua hari bersama narasumber dr. Henri Sulistiyanto, Sp.OG FAFG membahas secara holistik Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi.

Saat ini RSJRW belum memiliki ruang perawatan bayi untuk itu pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi untuk itu rumah sakit  bekerjasama dengan RSUD Lawang sebagai rujukan setelah kondisi ibu dan bayi stabil usai proses persalinan. Diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensi dokter dan perawat agar AKI dapat terus diturunkan agar tercipta  masyarakat Indonesia yang sehat.

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials