Detail

Blog Image

TINGKATKAN KUALITAS REHABILITASI NAPZA, RSJRW SELENGGARAKAN INHOUSE TRAINING GANGGUAN MENTAL DAN MEDIS KO-OKURING UMUM BAGI PROFESIONAL ADIKSI

Saat ini jumlah penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya (Napza) menunjukkan tren yang semakin meningkat di Indonesia. Menyikapi fenomena tersebut tidak hanya pemberantasan peredaran dan penangkapan bandar atau pengedar yang harus dilakukan, namun tersedianya layanan rehabilitasi bagi para korban adiksi juga patut menjadi perhatian.

RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) sebagai penyedia layanan rehabilitasi napza, terus berupaya mengurangi penyalahgunaan Napza. Komitmen tersebut diwujudkan dengan pemberian layanan rehabilitasi yang sesuai dengan standar sehingga residen yang telah menjalani rehabilitasi di RSJRW tidak mengalami adiksi kembali.

Sebagai rumah sakit khusus yang memberikan layanan rehabilitasi napza ada beberapa tantangan yang harus dihadapi RSJRW salah satunya adalah menangani korban adiksi yang disertai dengan gangguan kesehatan lainnya. Maka untuk dapat memberikan pelayanan optimal bagi residen napza, rumah sakit melalui Instalasi Ketergantungan Napza menyelenggarakan Inhouse training Kurikulum 3 (Gangguan mental dan medis Ko-Okuring Umum untuk Profesional Adiksi) pada 4-6 Oktober 2019

Bertindak sebagai narasumber dr. Ratna Mardiati SpKJ dan dr. Elvina Katerin Sahusilawane SpKJ dari Parahita Education Provider. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Keperawatan Yuyun Suprayitno S.Kep, Ns dan diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari Dokter, Perawat, Psikolog, dan Konselor. Pelatihan ini ditujukan untuk memahami terminologi penting dan konsep yang digunakan di dalam lingkup gangguan ko-okuring serta memahami risiko lingkungan dan biologis serta faktor protektif yang berkaitan dengan gangguan ko-okuring. Diharapkan dengan terselenggaranya pelatihan ini, dapat meningkatkan kompetensi pemberi layanan sehingga tatalaksana rehabilitasi napza dapat berjalan optimal.

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials