Detail

Blog Image

“BEE CLINIC” SOLUSI PERMASALAHAN KESEHATAN MENTAL DI TEMPAT KERJA

Kini pekerja menghadapi tekanan lebih besar untuk memenuhi tuntutan kehidupan kerja modern. Tingginya kebutuhan ekonomi, meningkatnya target yang harus dicapai, persaingan yang semakin dinamis, dan jam kerja yang panjang menjadi permasalahan sehari-hari yang harus dihadapi oleh pekerja. Bila tekanan tersebut dapat dilalui pekerja dengan baik maka tentu tidak menjadi masalah bagi pekerja, namun bila pekerja tidak bisa mengahdapi tekanan akan menyebabkan stress yang memberikan dampak pada turunnya produktivitas kerja perusahaan.

Melihat besarnya beban yang dipikul oleh pekerja, sudah selayaknya perusahaan memberikan perhatian lebih kepada kesehatan mental pekerjanya. Kesehatan jiwa dan mental yang baik pada pekerja akan memberikan dampak pada meningkatnya produktivitas kerja sehingga dapat mempercepat pencapaian tujuan perusahaan.

Tekanan yang dirasakan dan tidak dapat diatasi dengan baik oleh pekerja sering kali memberikan dampak menurunnya motivasi kerja yang diiringi dengan kurangnya produktivitas. Pekerja seperti ini kerap mendapatkan label pekerja “bermasalah” padahal bila perusahaan jeli melihatnya dengan pendampingan profesional pekerja tersebut dapat kembali produktif.

Menyikapi kebutuhan tersebut RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) pada Senin 28 Oktober 2019 yang lalu secara resmi membuka Bee Clinic yang secara khusus memberikan pelayanan kesehatan jiwa bagi pekerja. Klinik dibuka secara resmi oleh Direktur Utama dr. Siti Khalimah Sp.KJ MARS.      

Kesehatan mental di tempat kerja menjadi fenomena yang marak diperbincangkan di masyarakat, bagaimana menciptakan suasana kerja yang menyenangkan juga tidak luput dari perhatian para pengusaha. Bee Clinic menjadi solusi dari permasalahan kesehatan mental di tempat kerja baik bagi pekerja maupun pemilik usaha. Beberapa pelayanan yang diberikan antara lain konseling, rekrutmen, penempatan kerja, capacity building dan motivational training.

Usai dibuka secara resmi, Bee Clinic menyelenggarakan pelayanan pertama berupa kegiatan Capacity Building kepada kepala ruang dan ketua tim perawat pada Selasa 29 Oktober 2019. Tujuan utama dilaksanakannya Capacity Building adalah menambah wawasan dan pengetahuan dalam meningkatkan kinerja dan menguatkan hubungan antar pekerja. Pegawai yang terlibat bisa mengeksplorasi alam dan berinteraksi lebih akrab dengan sesama rekan kerja. Tidak hanya itu kegiatan ini juga melatih fisik, mental dan disiplin untuk dapat mengahadapi berbagai rintangan masalah dan dilatih untuk mencari solusinya bersama-sama agar bisa bekerjasama dalam sebuah kelompok.   

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials