Detail

Blog Image

MELIHAT LEBIH DEKAT TATAKSANA PELATIHAN PENANGANAN KESEHATAN JIWA DI INTERNATIONAL MENTAL HEALTH TRAINING CENTRE TAIWAN (IMHTCT)

Tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan dan pelatihan dalam sebuah instansi, utamanya rumah sakit, sangat penting untuk dilakukan. Peningkatan skill dan pengetahun pekerja medis dapat menjamin keberlangsungan asuhan pasien yang inovatif, aktual dan sesuai dengan standar. Kerjasama dengan institusi lain baik di tingkat regional maupun internasional perlu dibangun untuk saling bertukar sistem dan cara pandang yang baru.

Beruntung bagi saya dan beberapa kawan yang lain, berkesempatan untuk mengikuti program pelatihan yang diselenggarakan International Mental Health Training Center Taiwan (IMHTCT). Pusat pelatihan ini adalah sebuah institusi di bawah otoritas Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Taiwan. Terpusat di empat rumah sakit jiwa utama, antara lain Kaohsiung Municipal Kai?Syuan Psychiatric Hospital, Tsaotun Psychiatric Centre, Taoyuan Psychiatric Centre, dan Bali Psychiatric Centre. Tujuan utama dibentuknya pusat pelatihan ini adalah untuk mengintegrasikan jejaring kesehatan mental di Taiwan dan untuk membentuk kerjasama serta pertukaran pengetahuan dengan institusi kesehatan mental internasional dengan cara memperkenalkan moda penatalaksanaan rehabilitasi mental secara luas.

Pada tahun 2019 ini, IMHTCT Training Program terfokus pada pembentukan kerjasama dalam bidang kesehatan mental, khususnya dengan negara-negara di Asia Tenggara. Mereka yang berhak mengikuti pelatihan adalah semua professional berkebangsaan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang bekerja di bidang kesehatan jiwa atau kesehatan komunitas. Peserta wajib mengikuti pelatihan antara bulan Juni sampai dengan November 2019, selama minimal 30 hari dan maksimal 90 hari per orang.

Materi yang dibahas dalam pelatihan ini meliputi Kesehatan Jiwa Rumah Sakit (Model Perawatan Pasien dengan Penyalahgunaan Zat, Perawatan Acute Ward dan Chronic Ward, Day Care untuk Anak Remaja dan Dewasa), Kesehatan Jiwa Komunitas (Sistem Perawatan Kesehatan Jiwa, Rehabilitasi Mental, Pengkajian dan Okupasi Terapi, Model Pusat Rehabilitasi Komunitas, Rumah Singgah, Peran Pekerja Sosial di Komunitas), dan Manajemen Rumah Sakit (SWOT Analysis).

Pelatihan yang kami ikuti mengambil tempat di dua rumah sakit pemerintah, yaitu Taoyuan Psychiatric Centre, dan Bali Psychiatric Centre, selama 30 hari. 

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials