Detail

Blog Image

JAMBORE KESWA DAN PORKESREMEN VII 2019 AJANG RESOSIALISASI REHABILITAN RSJRW

Perhelatan akbar bagi rehabilitan kesehatan jiwa, Jambore Kesehatan Jiwa dan Pekan Olahraga dan Kesenian Rehabiltan Mental (PORKESREMEN) VII kembali diselenggarakan pada 2-5 Oktober 2019. Tahun ini Sungailiat Provinsi Bangka Belitung menjadi tuan rumah bagi 550 peserta yang terdiri dari rehabilitan dan pendamping. RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) mengirimkan 16 peserta yang dipimpin langsung oleh Direktur Medik dan Keperawatan dr Yuniar SpKJ.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementeria Kesehatan RI, dr. Anung Sugihantono, M.Kes. Pada kesempatan tersebut disampaikan mengenai optimalisasi peran keluarga, masyarakat dan pemerintah yang hendaknya dapat bersinergi dalam melakukan upaya promotif, preventif dan rehabilitasi kesehatan jiwa

Hal tersebut senada dengan tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) yang menyerukan upaya pencegahan bunuh diri sebagai tema utama tahun ini. Gangguan jiwa yang tidak tertangani ataupun mendapatkan pertolongan dalam kondisi kegawatdaruratannya kerap mencetuskan ide untuh bunuh diri sebagai reaksi atas kondisi putus asa yang dialami oleh Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).  

Momen Jambore Keswa dan Porkesremen menjadi kesempatan emas bagi RSJRW untuk dapat berbagi ilmu, pengalaman dan menjalin kerjasama dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas layanan. Pada momen yang sama rehabilitan RSJRW yang mengikuti kegiatan tersebut mendapatkan kesempatan untuk mengaktualisasikan diri pada berbagai cabang perlombaan olahraga dan seni yang dikompetisikan. Memiliki kesempatan untuk mengaktualisasikan dan dihargai seperti manusia sepatutnya.

Rehabilitan RSJRW yang ikut berkompetisi menyambut baik momen Jambore Keswa dan Porkesremen, mereka yang dulunya kerap dipandang sebelah mata diberikan kesempatan untuk menunjukan potensi diri. Meski belum berhasil meraih juara, terbukti dengan diberikan kesempatan tersebut rehabilitan mampu menunjukan potensi terbaiknya. Menjadi juara bukan tujuan utama, namun menyiapkan rehabilitan sebagai individu yang bermartabat, mandiri dan diterima oleh masyarakat menjadi poin utama dalam keterlibatan mereka dalam Jambore Keswa dan Porkesremen VII 2019.

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials