Detail

Blog Image

WISATA JIWA TINGKATKAN KUALITAS HIDUP LANSIA

Kegiatan Wisata Jiwa RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) bulan September 2019 mengangkat tema “September Ceria”. Kegiatan ini menjadi agenda rutin rumah sakit yang diharapkan dapat membantu terwujudnya peningkatan kualitas hidup lansia sehingga dapat menikmati masa tua dengan tetap aktif dan bahagia.

Wisata Jiwa bulan ini berfokus pada pemeriksaan fisik lansia. Pada kesempatan tersebut disampaikan edukasi kepada lansia untuk tetap aktif melakukan kegiatan yang mampu untuk dilakukan, karena kondisio fisik lansia yang prima pada lansia dapat menghambat terjadinya penurunan fungsi kognitif lansia.

Yunita Christiandari Sp.PD menyampaikan pada dasarnya, fungsi kognitif akan mengalami penurunan secara normal seiring dengan penambahan usia, namun penurunan fungsi kognitif dapat dihambat dengan melakukan tindakan pencegahan. Bentuk pencegahan yang dapat dilakukan adalah memperbanyak aktivitas fisik.

Perubahan pola aktivitas dan penurunan kondisi fisik kerap menjadi penyebab lansia enggan beraktivitas fisik (olahraga). Lansia kerap mengurangi aktivitas fisik karena dirasa tidak cocok dengan gaya hidup “seorang lansia”. Kegiatan wisata jiwa kali ini berupaya menggugah kembali semangat lansia untu dapat aktif berativitas sesuai dengan kemampuan fisiknya.

40 lansia yang hadir menjalani pemeriksaan fisik sederhana, tes tensi darah, pemeriksaan gizi, skrining depresi, kegiatan outbond dan karaoke bersama.   

 

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials