Detail

Blog Image

RSJRW SIAP WUJUDKAN REMAJA INDONESIA YANG BAHAGIA, TANGGUH, SEHAT JIWA

Kegiatan roadshow edukasi dan skrining kesehatan jiwa anak dan remaja di SMP dan SMA Kecamatan Lawang ditutup dengan Seminar Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja “Memajukan Indonesia dengan Anak Remaja yang Tangguh dan Sehat Jiwa”. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Arjuna dan diikuti oleh perwakilan 17 sekolah SMP dan SMA di Kecamatan Lawang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru BK, dan Ketua Osis.  

Seminar dibuka secara resmi oleh Direktur Utama RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) dr. Siti Khalimah SpKJ, MARS.  Seminar dikemas dalam bentuk talkshow, bertindak sebagai narasumber dr. Tiwik Koesdiningsih Sp.KJ (K) dan Daisy Prawitasari S.Psi, M.Si  memaparkan mengenai kesehatan jiwa pada proses tumbuh kembang remaja. Audiens menyambut antusias paparan dengan berdiskusi lebih lanjut mengenai tema terkini pada kesehatan jiwa anak dan remaja seperti kasus perundungan, adiksi gawai, perubahan kondisi psikis remaja, kasus bipolar dan skizofrenia pada remaja.

Kegiatan ini menekankan pada edukasi kepada guru dan siswa bahwa usia remaja adalah fase yang kompleks. Pada fase tersebut seorang anak tidak hanya mengalami perubahan fisik tapi juga psikis yang membutuhkan perhatian lebih dari orang tua, guru, dan lingkungan sekitarnya. Deteksi dini gangguan disertai tatalaksana terapi yang tepat akan dapat menyelamatkan masa depan remaja.

Diharapkan ilmu yang telah diberikan saat seminar dapat menjadi bekal bagi guru dan siswa untuk kemudian ditularkan kepada selurus civitas akamedika di sekolah. Sehingga tercipta SDM muda unggul yang bahagia, tangguh dan sehat jiwa sebagai modal utama menyongsong Indonesia Maju.    

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials