Detail

Blog Image

PEDULI KESEHATAN JIWA ANAK DAN REMAJA, RSJRW SELENGGARAKAN ROADSHOW DI 22 SEKOLAH

Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 pada tahun 2019, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang mengusung tema SDM Unggul Indonesia Maju, rumah sakit menyelenggarakan Edukasi dan Skrining Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja di 22 SMP dan SMA di Kecamatan Lawang,  Kabupaten Malang.

Kesehatan mental anak dan remaja masih kurang populer  dibandingkan kesehatan fisik anak dan remaja. Pemberian imunisasi atau suntik untuk menangani sakit secara fisik, memang mudah disadari. Sedangkan kesehatan mental adalah sesuatu yang kurang terlihat secara nyata namun sebenarnya mempunyai porsi yang sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Anak dan remaja merupakan fase yang sangat penting karena sifatnya yang kompleks dan adanya peralihan antar fase didalamnya sehingga terjadi banyak perubahan. Mulai dari perubahan secara fisik, hormonal, kognitif atau kecerdasan, emosi dan perilaku. Pada proses masa transisi tersebut, remaja biasanya dinilai sebagai kelompok usia sehat. Namun ternyata, kurang lebih 20% remaja mengalami masalah kesehatan mental. WHO menyatakan bahwa 75% gangguan mental emosional memang umum terjadi sebelum usia 24 tahun.

Data SIMRS RSJRW mencatat bahwa di Klinik Anak dan Remaja pada tahun 2017 terdapat pasien baru sejumlah 83 orang dan tahun 2018 sejumlah 75 orang. Data tersebut menunjukkan bahwa anak remaja mempunyai permasalahan tersendiri terkait kesehatan jiwanya sehingga perlu dilakukan peningkatan pengetahuan untuk bisa mengurangi risikonya.

Menyikapi fenomena tersebut RSJRW hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan anak remaja melalui layanan Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja dengan mengedepankan upaya promotif dan preventif. Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam hal ini memberikan edukasi kepada remaja yang sedang dalam masa sekolah dan guru yang mendidiknya. Karena bagaimanapun juga, mencegah lebih baik daripada mengobati dan SDM yang unggul akan menjadikan Indonesia lebih maju.

Kick off roadshow edukasi dan skrining kesehatan jiwa anak dan remaja di mulai Senin 12 Agustus 2019, kegiatan roadshow akan berakhir pada Jumat 16 Agustus. Rangkaian edukasi kesehatan jiwa anak dan remaja di Kecamatan Lawang akan ditutup dengan seminar kesehatan jiwa anak dan remaja di RSJRW yang akan mengundang stakeholder dan perwakilan sekolah.

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials