Detail

Blog Image

ACARA MUSIK BAGI JIWA, SUKSES HIDUPKAN KEMBALI KENANGAN MANIS PARA LANSIA

Sukses menyelenggarakan kegiatan Wisata Jiwa #1 pada April yang lalu. RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) melalui Instalasi Psikogeritari kembali menyelenggarakan Wisata Jiwa #2 dengan mengusung tema “Musik Bagi Jiwa”. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Gedung Daycare Adiyuswa, dibuka secara resmi oleh Direktur Medik dan Keperawatan, dr. Yuniar, SpKJ dan dihadiri 21 lansia dari Malang Raya.

Kagiatan ini merupakan salah satu bentuk terapi okupasi bagi lansia. Musik dapat meningkatkan fungsi kognitif lansia sehingga dapat menghambat terjadinya demensia. dr. Eko Djunaedi SpKJ sebagai salah satu pemateri menyampaikan bahwa bila seseorang sejak dalam kandungan hingga lahir dan memasuki masa lansia sering diperdengarkan atau mendengarkan musik, hal tersebut akan sangat mempengaruhi kuatnya jaringan yang menghubungkan kerja otak kanan dan otak kiri sehingga kerja otak dapat bekerja optimal.

Lebih jauh disampaikan mendengarkan musik kadang kala akan kembali memanggil sebuah ingatan di masa lampau, sehingga otak akan terlatih untuk mengenang kembali puzzle kenangan di masa itu. Musik juga dapat memberikan efek rileks dan menambah semangat.

Pada kegiatan tersebut para lansia dapat bernyanyi dan berdendang mengenang lagu-lagu ketika mereka masih muda, tidak hanya itu mereka juga berkesempatan untuk mengikuti fun games yang menguji pengetahuan dan ingatan para lansia mengenai lagu dan musisi lawas tahun 1960-1970an. Di sela menikmati alunan lagu para peserta yang hadir juga dapat melakukan kegiatan melukis di atas batu didampingi oleh fasilitator

Ibu Pipit, salah satu lansia yang hadir menyambut baik kegiatan wisata jiwa seperti ini. Wanita yang baru beberapa bulan memasuki masa purna tugas ini menjadikan kegiatan wisata jiwa sebagai ajang silaturahmi, membangun relasi sekaligus menambah wawasan untuk menjadi lansia sehat dan berdayaguna.

Kegiatan wisata jiwa telah menjadi agenda rutin Instalasi Psikogeriatri RSJRW.  Pada Agustus 2019 mendatang kegiatan akan mengusung tema Pelangi Nusantara. Kegiatan wisata jiwa yang akan datang tidak hanya melibatkan lansia namun juga akan mengajak serta keluarga dalam bentuk aktivitas intergenerasi untuk menguatkan cinta kepada negeri (asw rsjrw).   

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials