Detail

Blog Image

Tak Kalap Mata Saat Berbuka Puasa

Ayu Bulan Febry K D, SKM, MM

 

Jangan sampai kita jadi “Kalap mata” semua pengen dimakan  karena telah berpuasa sepanjang hari. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat berbuka :

  1. Perhatikan saat-saat berbuka puasa. Awali berbuka dengan minum air putih  hangat, barusetelah itu minum yang dingin dan manis atau makan yang manis (takjil)  seperti buah kering (kurma, kismis, prune),jus buah segar tanpa gula, susu kedelai, kolak, es serut belewah dengan madu, dan sebagainya.  Mengapa tidak disarankan  langsung minum yang dingin? Kita tahu bahwa lambung kita seharian kosong, jangan sampai lambung kita yang kosong kaget  karena kena es. Jadi untuk menetralisirnya sebelum mengonsumsi makanan dan minuman lainnya sebaiknya kita minum air putih terlebih dahulu.
    1. Mengapa harus minum manis? Karena gula bisa cepat diproses menjadi energi sehingga bisa segera memulihkan tenaga dan kesegaran tubuh ibu.Namun hendaknya kita bijaksana, pilihlah makanan manis yang tidak terlalu mengenyangkan, jangan terlalu besar porsi takjilnya karena akan menghalangi tubuh mendapatkan kecukupan gizi lantaran sudah keburu kenyang sebelum makan hidangan utama.
  2. Buah kurma mengandung gula alami baik untuk orang yang berpuasa karena meningkatkan gula darah secara perlahan. Daya serap tubuh gula alami kurma berlangsung perlahan, dibutuhkan 45 menit untuk mencernanya menjadi energi sehingga kenaikan gula darah pun terjadi pelan saja. Minum air putih ditemani makan  2-3 buah kurma merupakan kombinasi yang ideal. Selain bermanfaat memulihkan kelelahan otot, kandungan kalium dalam kurma membantu mendorong air secepatnya mengisi jaringan sel. Kombinasi ini membuat keseimbangan cairan tubuh segera tercapai dan tubuh terasa kembali segar. Selain kurma, kita bisa memilih buah kering lain seperti prune, kismis. Boleh juga sale pisang tapi kandungan gula siap serapnya tidak setinggi kurma maupun kismis. Hindari manisan buah kering yang dibuat menggunakan sirup gula seperti manisan pala, dll. Namun bagi penderita diabetes mellitus buah kurma, kismis tidak disarankan karena kandungan gulanya tinggi.
  3. Setelah sholat maghrib barulah kita menikmati  hidangan lengkap dengan  gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat kompleks (beras putih, beras merah, gandum), protein lauk hewani (ikan, ayam, telur), protein lauk nabati (kacang-kacangan, tahu, tempe),vitamin dan mineral  (wortel, buncis, bayam, sawi, brokoli, daun singkong). Cara ini membantu tubuh menggenjot energi metabolisme basal secara perlahan, yang sempat merosot setelah seharian tubuh tidak mendapatkan pasokan sumber energi. Untuk lemak gunakan lemak/minyak terbatas untuk memasak agar lambung tidak cepat terasa penuh, dengan  demikian kita masih bisa menambah makanan kudapan bergizi setelah tarawih.
  4. Usai sholat tarawih kita dapat menyantap kudapan sehat seperti buah-buahansegar, puding, atau yogurt. Kudapan setelah sholat tarawih usahakan cukup vitamin dan serat.

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials