Detail

Blog Image

PRE RETIREMENT TRAINING LANGKAH TEPAT PERSIAPKAN DIRI MEMASUKI MASA PURNA TUGAS

Menyongsong masa purna tugas kerap menimbulkan kecemasan tersendiri bagi individu yang telah puluhan tahun aktif bekerja. Bayangan akan menjalani kehidupan dengan aktivitas yang tak lagi sama diiringi dengan penurunan pendapatan menjadi mimpi buruk bagi setiap karyawan.

Masa pensiun sudah menjadi ketetapan bagi  siapapun yang berstatus sebagai karyawan sebuah perusahaan, dan sepatutnya masa pensiun sudah dipersiapkan dengan matang agar dapat menikmati masa pensiun dengan bahagia dan  sehat.

Menyadari pentingnya persiapan masa pensiun  RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) melalui Tim Psikiatri Industri memberikan pembekalan bagi 66 karyawan yang akan segera memasuki masa purna tugas. Pre Retirement training diselenggarakan pada 29-30 April 2019  di Gedung Semeru dan dibuka secara resmi oleh Direktur Utama dr. Siti Khalimah SpKJ, MARS.  Pada sambutannya disampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan karyawan yang akan memasuki masa pensiun menjadi individu yang seimbang seacara spiritual dan finansial. Lebih jauh disampaikan bahwa pelatihan ini juga ditujukan untuk memberikan bekal dan motivasi sehingga karyawan tidak lagi khawatir menyambut datangnya masa purna tugas.

Beberapa materi yang disampaikan pada pelatihan ini antara lain

  1. Insight On Retirement (makna bekerja dan pensiun) oleh dr. Yulia Fatima Bessing SpKJ
  2. Kelola Fisik, Kelola Kualitas Hidup (pencegahan dan pengendalian penyakit degenaratif) oleh dr. Yunita Sp.PD dan dr. Hari Budi Sp.S
  3. Tetap Kemilai di Usia Senja (masalah psikososial di usia lanjut) oleh dr. Yuniar SpKJ (K)
  4. Stress Manajemen oleh dr. Yuniar SpKJ (K), dr. Yulia Fatima Bessing SpKJ dan Yuni Hermawaty M.Psi
  5. Financial Planning oleh Praktisi BTPN Wiwit Wijanarko
  6. Membangun Rencana oleh Yuni Hermawaty M.Psi

Pre Retirement Training RSJRW menyajikan bentuk pelatihan yang komprerhensif dan menyeluruh bagi karyawan yang akan pensiun. Berbekal materi dan narasumber multidisipliner pelatihan ini dapat menjadi alternatif pilihan bagi perusahaan yang ingin memberikan bekal yang lengkap bagi karyawannya. Bekal yang tidak hanya menyentuh sisi kesiapan fisik karyawan tapi juga menyiapkan karyawan secara spiritual untuk siap memasuki fase baru dalam kehidupannya.

Sudah saatnya persiapan masa pensiun menjadi perhatian penting bagi perusahaan. Ketika karyawan telah siap secara spiritual dan finansial maka momen purna tugas tidak akan lagi menjadi ancaman tapi menjadi momen yang paling ditunggu untuk memasuki fase kehidupan selanjutnya yang lebih bermakna (asw).

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials