Detail

Blog Image

WISATA JIWA ALTERNATIF KEGIATAN KAYA MANFAAT BAGI LANSIA

Bagi Anda yang memiliki orang tua, nenek dan kakek yang telah memasuki masa lansia, Program Wisata Jiwa RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) bisa menjadi alternatif kegiatan menyenangkan dan kaya manfaat bagi para lansia. Memasuki masa lansia bukanlah pekara mudah, para lansia harus menghadapi fase penurunan fungsi fisik yang kerap dibarengi dengan penurunan fungsi kognitif. Kondisi tersebut biasanya diiringi dengan pengurangan aktivitas keseharian secara drastis karena memasuki masa purna tugas atau tidak lagi bersemangat melaksanakan kegiatan sehari-hari karena keterbatasan fisik yang dialaminya.

Kondisi lansia yang tidak lagi merasa berdaya seperti masa muda patut mendapatkan perhatian lebih dan dukungan dari keluarga dan lingkungan terdekatnya. Salah satu bentuk perhatian dan dukungan bagi lansia dapat diwujudkan dengan memfasilitasi lansia untuk meningkatkan kualitas hidup melalui kegiatan berbasis komunitas Wisata Jiwa RSJRW.

Kegiatan ini bisa menjadi opsi kegiatan gathering bagi, keluarga, komunitas lansia, dan lembaga kemasyarakatan lainnya yang ingin meningkatkan kualitas hidup lansia.

Wisata Jiwa menjadi paket kegiatan lengkap dan komperhensif  bagi lansia,  meliputi:

  1. Pemeriksaan (tes fungsi kognitif, tes kebugaran, tensi, nadi, antropometri),
  2. Konsultasi dokter dan nutrisionis
  3. Cognitive training (melalui terapi okupasi yang dikemas dalam fun games)
  4. Kegiatan sosial (menemani pasien rawat inap di Instalasi Psikogeriatri).

Kamis 25 April 2019 yang lalu RSJRW telah berhasil menyelanggarakan Wisata Jiwa Batch Pertama yang diikuti oleh 48 lansia. Berlokasi di Area Instalasi Psikogeriatri kegiatan berjalan lancar dan berhasil memberikan pengalaman berbeda kepada para lansia. Pelaksanaan Wisata Jiwa memberikan kesan mendalam bagi peserta karena pada kegiatan tersebut para lansia tidak hanya dapat bertemu dengan teman sebaya tapi juga berkesempatan untuk mengulang kembali kegiatan-kegiatan yang dulu sering dilakukan seperti mewiru kain, membuat jajanan tradisional, karaoke bersama dan berbagai kegiatan menyenangkan lainnya. Tidak hanya itu kegiatan ini juga melibatkan rehabilitan lansia yang tengah menjalani perawatan hal tersebut dilakukan selain untuk menurunkan stigma juga sebagai dukungan dan motivasi kepada rehabilitan lansia untuk dapat tetap bugar dan aktif beraktivitas di usia senja (asw).  

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials