Detail

Blog Image

RSJRW SUKSES SELENGGARAKAN WORKSHOP MONTESSORI BASED ACTIVITY FOR PEOPLE WITH DEMENTIA

Sebagai rumah sakit khusus dengan layanan unggulan Psikogeriatri, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) kembali menyelenggarakan workshop untuk meningkatkan kualitas layanan. Pada 15-16 April 2019 yang lalu RSJRW sukses menyelenggarakan  Workshop Montessori Based Activity for People With Dementia. Workshop diselenggarakan di Ruang Arjuna, dibuka secara resmi oleh Direktur Keuangan dan Administrasi Umum Istoe Heroe Widodo, SE dan diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari dokter, perawat dan psikolog.

Berbeda dengan workshop sebelumnya, kali ini workshop menghadirkan Dr. Eva Van Der Ploeg pakar dan peneliti kesehatan jiwa lansia dari Monash University Australia. Metode Montessori sebelumnya dikenal sebagai metode belajar anak dengan menggunakan keterlibatan anak pada proses belajar. Pada perkembangnnya metode Montessori yang mengedepankan pendekatan dan keterlibatan mulai digunakan pada pendampingan lansia dengan demensia  dan terbukti dapat mengurangi kecemasan bagi penderita demensia dengan memberi aktivitas menarik yang mereka anggap bermanfaat. Metode ini berfokus pada pendamping atau caregiver untuk dapat membantu lansia dengan demensia menemukan kembali dunia di sekitar mereka.

Diharapkan metode montessori ini dapat menjadi pilihan terapi agar lansia dengan demensia dapat menjalani keseharian mereka dengan lebih berkualitas (asw).

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials