Detail

Blog Image

HORMATI HAK PILIH DISABILITAS, RSJRW BUKA TPS KELILING BAGI 16 ODGJ

Rabu 17 April 2019 menjadi momen berharga bagi 16 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sedang menjalani masa perawatan di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW). Rumah sakit bekerjasama dengan PPK Kecamatan Lawang memfasilitasi ODGJ untuk dapat menyampaikan aspirasi politik mereka melalui Pemilu. Kesempatan untuk menyuarakan hak politik dimanfaatkan dengan maksimal oleh ODGJ dengan antusiasme yang tinggi untuk mencoblos calon pilihan mereka.

Pemungutan suara bagi ODGJ di RSJRW melalui proses yang cukup panjang. Rumah sakit berkomitmen untuk melindungi hak disabilitas dengan aktif menjalin koordinasi dengan KPU yang difasilitasi oleh PPK Kecamatan Lawang. Komitmen RSJRW dalam melindungi hak disablitas juga mendapatkan perhatian khusus dari Komnas HAM RI dengan melakukan rapat koordinasi yang dihadiri oleh perwakilan rumah sakit dan PPK Kecamatan Lawang.

Pelaksanaan Pemilu di RSJRW dilaksanakan di gedung Bina Jiwa dan tidak hanya diikuti oleh ODGJ namun TPS keliling juga dipadati oleh karyawan yang melakukan pindah pilih serta mahasiswa praktikan yang sedang menjalani proses belajar di RSJRW.

Rangkaian pemungutan suara di RSJRW berjalan lancar, ODGJ yang melaksanakan hak pilih melakukan proses pemilihan dengan tertib dan kooperatif. Meski tahun ini hanya dapat memfasilitasi pemilihan bagi 16 ODGJ, rumah sakit berharap pada pesta pemilihan yang akan datang hak kaum disabilitas dapat lebih mendapat perhatian sehingga mereka tidak kehilangan hak pilihnya (asw).

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials