Detail

Blog Image

ADIKSI DAN PERAN KELUARGA DALAM PEMULIHAN

Sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas rehabilitasi, Instalasi Ketergantungan NAPZA  bersama Instalasi PKRS RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) menyelenggarakan kegiatan Family  Support  Group (FSG). Kegiatan tersebut  menjadi salah satu  program  rutin yang diselenggarakan setiap bulan.

FSG diselenggarakan sebagai wujud komitmen rumah sakit dalam memfasilitasi dukungan keluarga kepada korban penyalahgunaan Napza agar dapat menjadi insan yang kembali berdaya guna di masyarakat.  

Bulan ini FSG diselenggarakan pada Sabtu 6 April 2019 dan dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Keperawatan Susiati, SST, MM. Pada  sambutannya  disampaikan  poin penting yang menjadi kunci sukses sebuah keluarga yakni selalu saling memberikan perhatian kepada sesama anggota keluarga, menjaga komunikasi, menaruh kepedulian terhadap kegiatan yang dilakukan oleh anggota keluarga lainnya karena keluarga adalah harta paling berharga dalam kehidupan.   

Pada kesempatan yang sama 16 perwakilan keluarga yang hadir menyimak paparan materi mengenai Adiksi dan Peran Keluarga dalam Pemulihan yang disampaikan oleh Kepala Instalasi Ketergantungan NAPZA dr.Dian Setyorini SpKJ M.Kes

Keluarga memiliki peran penting dalam proses pemulihan yang tengah dijalani oleh rehabilitan. Dukungan keluarga dapat memberikan motivasi agar rehabilitan bersedia dan memiliki komitmen kuat untuk kembali bersih dari belenggu Napza.

Beberapa hal penting yang dapat dilakukan saat anggota keluarga menjadi korban penyalahgunaan Napza adalah

  1. Ajak bicara
  2. Beri penguatan positif
  3. Hindari menghakimi dan memberi  stigma
  4. Menghubungi fasilitas kesehatan terdekat atau datang langsung ke klinik subspesialis Napza RSJRW

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials