Detail

Blog Image

TINDAKLANJUTI GANGGUAN ULAR RSJRW SELENGGARAKAN SNAKE HANDLING TRAINING

Memiliki luas bangunan hampir mencapai  50Ha dan ruang terbuka hijau yang cukup luas menjadikan RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) sebagai habitat ideal bagi ular. Tercatat dalam beberapa bulan terakhir telah terjadi lima kali kejadian ular ditemukan di ruang perawatan. Menyikapi fenomena tersebut Rumah Sakit melalui Komite Kesehatan dan Keselamatan Kerja Rumah Sakit (K3RS) menyelenggarakan kegiatan Snake Handling Training pada 28-30 Maret 2019 yang lalu.  

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Direktur Utama dr. Siti Khalimah SpKJ MARS, dan diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari Tim Code Red, perawat dan tenaga lainnya. Pada sambutannya disampaikan bahwa kegiatan ini penting dilakukan karena wilayah rumah sakit memiliki banyak ruang terbuka hijau yang dimungkinkan menjadi habitat ular yang dapat mengganggu proses pelayanan terhadap pasien.   Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini wilayah RS akan dibagi dalam beberapa area dan tim penanggung jawab. Dimana bila terjadi penemuan ular tim akan melakukan penangkapan sesuai dengan area yang telah ditentukan untuk mempercepat penanganan.

Pada sebuah rumah sakit terdaoat 6 hazard atau bahaya yang dapat menimbulkan risiko bagi pasien, pegawai, pengunjung dan lingkungan sekitar. Salah satu hazard yang saat ini sedang menjadi gangguan dan dapat menimbulkan risiko besar adalah terjadinya gangguan ular.

Pada penyelenggaraan kegiatan Snake Handling Training RSJRW bekerjasama dengan Yayasan Sioux Ular Indonesia. Selain mendapatkan materi identifikasi dan penanganan ular, peserta juga langsung melakukan praktek mengidentifikasi dan melakukan penangkapan ular. Pada pelatihan ini juga disampaikan perubahan paradigma bahwa ular bukanlah musuh manusia yang harus dimusnahkan namun ular yang ditangkap akan dikarantina sementara untuk kemudian diserahkan kepada yayasan untuk dilepas liarkan ke habitat yang jauh dari pemukiman (asw hukormas rsjrw).

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials