Detail

Blog Image

PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI DI POSYANDU SEHAT JIWA KEC DAU

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, informasi mengenai penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) maupun penyintas ODGJ pun mengalir deras. Masyarakat semakin mudah mengakses informasi mengenai segala informasi mulai dari gejala gangguan jiwa, hingga penanganan paska terjadinya gangguan dapat diakses dalam genggaman jari.  

Terbukanya akses informasi membawa dampak positif, kini masyarakat semakin sadar mengenai pentingnya menjaga kesehatan jiwa serta menurunnya stigma terhadap ODGJ maupun penyintas ODGJ. Kepedulian terhadap ODGJ dan penyintas ODGJ saat ini menjadi fenomena yang kerap menjadi perbincangan. Masyarakat berlomba-lomba menunjukan kepedulian dan sumbangsihnya dalam memberdayakan kembali ODGJ dan penyintas ODGJ sebagai anggota masyarakat yang mandiri dan bermartabat.

Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Dau, Kabupaten Malang yang telah berhasil mendirikan Posyandu Sehat Jiwa pada Oktober 2018 yang lalu. Posyandu yang menaungi 10 Desa di Kecamatan Dau kini mengembangkan kegiatan pemberdayaan ekonomi produktif dengan membekali penyintas ODGJ dengan berbagai keterampilan yang memiliki nilai ekonomi.

Program pemberdayaan ekonomi produktif di Posyandu Sehat Jiwa Kecamatan Dau terselenggara atas kerjasama Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS), Baitul Maal Hidayatullah (BMH), Puskesmas Dau, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW), TKSK Kecamatan Dau, kader jiwa dan dukungan seluruh masyarakat yang turut mensukseskan kegiatan posyandu jiwa.   

Kegiatan Posyandu Sehat Jiwa di Kecamatan Dau secara rutin dilakukan setiap bulannya, dengan menghadirkan penyintas ODGJ, Kader Jiwa, Petugas Puskesmas, BMH dan RSJRW. Selain pelatihan keterampilan, kegiatan telepsikiatri juga secara rutin diselenggarakan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjembatani hambatan jarak antara pasien dan psikiater serta menjaga dan mempertahankan kondisi penyintas ODGJ agar tetap dalam kondisi yang prima (hukormas pkrs rsjrw).

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials