Detail

Blog Image

JALANI SURVEI, RSJRW OPTIMIS RAIH AKREDITASI INTERNASIONAL

14-18 Januari 2019 yang lalu telah dilaksanakan survey akreditasi versi SNARS Edisi 1 Internasional dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW). Akreditasi menjadi sebuah jaminan kualitas mutu layanan bagi seluruh pelanggan. Proses akreditasi tahun ini berbeda dengan survey yang telah dilaksanakan pada akhir 2015 yang lalu. Pada tahun 2015 yang lalu RSJRW berhasil meraih predikat paripurna, dan pada tahun 2019 RSJRW memberanikan diri dan optimis dapat meraih predikat sebagai RS Jiwa pertama di Indonesia yang terakreditasi Internasional dari KARS.

Kehadiran tim surveior yang terdiri dari; Dr.dr. H. Hanny Ronosulistyo SpOG (K), MM, dr. Eka Viora SpKJ, dr. Tedjo Wahyu Putranto MM, MARS, dr. Mary S Maryam, MHA, PhD, dr. Dahsriati SpKJ, Saida Simanjuntak S.Kp, MARS, Didin Syaefudin S.Kp, MARS disambut hangat dan penuh antusias oleh seluruh civitas hospitalia RSJRW. Tim surveyor diterima secara simbolis di akhir pelaksanaan apel pagi oleh Direktur Utama dan Jajaran Direksi. Prosesi sambutan selamat datang diawali dengan pengalungan kain hasil karya rehabilitan yang bermotif batik malangan, dilanjutkan dengan persembahan tari topeng tarian khas malang yang turut menghantarkan tim surveyor menuju ruang dilaksanakannya opening meeting.

Di sela prosesi opening meeting Direktur Utama dr. Siti Khalimah SpKJ, MARS menyampaikan bahwa “akreditasi menjadi sebuah pencapaian RSJRW untuk diakui kualitas layanannya oleh lembaga independen KARS. Pada tahun ini seluruh civitas hospitalia RSJRW bertekad untuk meraih predikat internasional sebagai RS khusus yang dapat memberikan pelayanan terbaik di Indonesia”

Proses survei yang dilakukan oleh 7 surveior selama 5 hari memberikan waktu yang cukup untuk benar-benar menilai kualitas pelayanan rumah sakit di seluruh unit pelayanan. Seluruh rangkaian proses survey berjalan lancar, semangat dan komitmen civitas hospitalia untuk terus belajar memperbaiki berbagai temuan ketidaksesuaian memberikan kesan mendalam dan mendapat apresiasi dari seluruh surveior

Berbeda dengan predikat paripurna yang mensyaratkan standar nilai 80 pada masing-masing BAB akreditasi, untuk meraih predikat internasional RSJRW harus memastikan bahwa seluruh standar nilai yang dipersyaratkan harus mencapai nilai 95.

Tentu bukanlah hal yang mudah untuk mencapai akreditasi internasional, namun hal tersebut bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan. Berbekal komitmen yang kuat dan kerjasama seluruh civitas hospitalia RSJRW yakin dapat menjadi RS Jiwa pertama yang terakreditasi Internasional di Indonesia. Salam Akreditasi Internasional! (asw)

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials