Detail

Blog Image

TINGKATKAN PELAYANAN PASIEN TAHAP TERMINAL, RSJRW SELENGGARAKAN PELATIHAN

Menghadapi pasien  tahap terminal menjadi kondisi yang tidak dapat dihindari bagi tenaga kesehatan dimanapun mereka berada, baik di penyedia layanan kesehatan umum maupun penyedia layanan kesehatan khusus seperti di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW). Selain mengedepankan tatalaksana pasien tahap terminal yang sesuai dengan standar, sebagai penyedia layanan khusus jiwa RSJRW juga mengedepankan dukungan psikologis bagi pasien dan keluarga saat menghadapi tahap terminal.

Pentingnya penanganan yang tepat dalam tatalaksana pasien tahap terminal dengan mengedepankan dukungan psikologis bagi pasien dan keluarga menjadi latar belakang diselenggarakannya Pelatihan Pelayanan Pasien Tahap Terminal pada 18 Desember 2018. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Direktur Medik dan Keperawatan dr Yuniar SpKJ. Pada sambutannya disampaikan “Stressor Psikologis yang dihadapi bisa memperburuk kondisi fisik pasien dan psikologis keluarga, untuk itu dukungan dan pendampingan tenaga medis yang tepat akan meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarga menghadapi tahap akhir kehidupan”

Pelatihan diikuti oleh 48 peserta yang terdiri dari dokter dan perawat. Materi yang disampaikan pada pelatihan antara lain:

  1. Asuhan pada Kondisi Terminal oleh H R M Hardadi Airlangga SpPD Dekan Fakultas Kedokteran Unisma
  2. Manajemen Nyeri pada Pasien Tahap Terminal oleh dr. Harly Noviar Kagendra SpAn
  3. Breaking Bad News dan Aspek Spiritual pada Pelayanan Pasien Tahap Terminal oleh dr. Anna Purnamasari Sugijanti, SpKJ
  4. Aspek Keperawatan pada Pelayanan Pasien Tahap Terminal oleh Joko Prayitno S.Kep, Ns

Diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman dan kualita pelayanan tenaga kesehatan RSJRW dalam memberikan pelayanan pasien tahap terminal. Pelayanan dan dukungan spiritual yang diberikan diharapkan dapat meringankan beban pasien dan keluarga dalam menghadapi masa akhir kehidupan (asw). 

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials