Detail

Blog Image

JELANG SURVEY SNARS EDISI 1, RSJRW BEKERJASAMA DENGAN ARSAWAKOI MENYELENGGARAKAN PELATIHAN EDL PENELITIAN KESEHATAN

Selain sebagai penyedia layanan kesehatan bagi masyarakat RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang juga merupakan rumah sakit pendidikan. Rumah sakit sering kali menjadi area dilakukannya sebuah penelitian. Maka dalam pelaksanaannya perlu diatur dalam sebuat etik penelitian yang memastikan perlindungan kepada seluruh subyek penelitian yang dilakukan di rumah sakit. Hal tersebut sesuai standar HPK 6 dan 7 dalam SNARS edisi 1 rumah sakit memiliki kewajiban untuk melindungi subyek yang dilibatkan dalam proses penelitian.

Kurang dari dua bulan RSJRW akan menjalani survey akreditasi SNARS Edisi 1 oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Sebagai langkah persiapan sekaligus menjawab kebutuhan pemenuhan standar akreditasi RSJRW bekerjasama dengan Asosiasi Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat Indonesia (ARSAWAKOI) menyelenggarakan Pelatihan Etik Dasar-Lanjut (EDL) dalam Penelitian Kesehatan 10-12 Desember 2018 di Harris Hotel & Convention Malang.

Pemateri Ketua Komisi Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehaan Nasional (KEPPKN) Kemenkes RI,  dr. Triono Soendoro, M.Phil, Phd menyampaikan dasar pedoman pelaksanaan penelitian kesehatan yang wajib dipatuhi oleh seluruh peneliti. Selain penyampaian materi, sebagai upaya pendalaman peserta juga dilatih untuk menganalisis implementasi pedoman penelitian dalam berbagai studi kasus permasalahan penelitian kesehatan.

Pelatihan diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari perwakilan Rumah Sakit Umum dan Khusus serta Instusi Pendidikan dari  berbagai daerah di Indonesia. Diharapkan usai mengikuti penelitian, seluruh peserta dapat memahami pelaksanaan penelitian yang layak etik dan memastikan perlindungan pada setiap subyek penelitian. Sehingga tercipta budaya penelitian yang tidak saja memperkaya ilmu pengetahuan  namun juga menghormati prosedur dan etika penelitian yang berlaku (asw hukormas rsjrw 0341 426015 ext 1154).

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials