Detail

Blog Image

RSJRW CIPTAKAN INOVASI IBB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BLS

Basic Life Support (BLS) atau Bantuan Hidup Dasar (BHD) menjadi salah satu kemampuan yang wajib dikuasai oleh seluruh karyawan yang bekerja di rumah sakit, baik tenaga kesehatan maupun tenaga administratif. Menjelang dilaksanakannya survey akreditasi SNARS edisi 1 segenap civitas hospitalia RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) melalui tim code blue kembali melaksanakan pelatihan BLS untuk memastikan kesiapsiagaan menghadapi kejadian henti nafas dan henti jantung yang terjadi di rumah sakit.

Berbeda dengan pelatihan sebelumnya, kali ini metode pelatihan beralih menggunakan IBB (Internet Based BLS) yang menjadi inovasi e-learning terkini dari tim code blue. Melalui E-Learning berbasis website materi disajikan lebih menarik dan interaktif sehingga dapat lebih mudah dipahami oleh peserta. Metode ini terbukti lebih efektif dalam memberikan pemahaman materi pada peserta.

Pada pelaksanaannya peserta dapat membuka IBB melalui ponsel pintar maupun laptop untuk menyimak materi secara mandiri, usai memahami materi peserta dapat langsung melakukan tes dan mendapatkan hasil secara realtime. Di akhir tahapan, peserta wajib melakukan tes BLS dengan menggunakan boneka peraga untuk mempraktekan materi yang telah diterima. Usai melaksanakan serangkaian tes peserta dapat langsung mendownload sertifikat pelatihan melalui aplikasi, atau melakukan perbaikan bila dinyatakan belum memenuhi standar lulus.

Hingga saat ini IBB masih terus dikembangkan untuk menjawab kebutuhan keterampilan BLS yang kompleks. Inovasi IBB dapat menjadi sarana belajar yang efektif untuk meningkatkan kemampuan seluruh civitas hospitalia RSJRW dalam melakukan BLS dengan mudah dan  praktis karena dapat dilakukan di sela-sela melaksanakan tugas sehari-hari.

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials