Detail

Blog Image

PENINGKATAN KETERAMPILAN DALAM MENANGANI PENYALAHGUNAAN NAPZA DENGAN METODE CBT

Menyadari pentingnya peningkatan SDM, mutu pelayanan serta keterampilan dalam menangani penyalahgunaan NAPZA, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) melalui Instalasi Rehabilitasi Ketergantungan NAPZA telah menggelar Workshop dengan topik Cognitive Behaviour Therapy (CBT) pada 7-8 Oktober 2018. Metode CBT bagi penyalahguna NAPZA merupakan salah satu psikoterapi yang direkomendasikan dan efektif karena dapat menurunkan tingkat kecemasan serta meningkatkan kualitas hidup penyalahguna NAPZA.

Hadir sebagai narasumber Yuliadi Saverius dan Hidayatullah selaku Konselor Adiksi dari Aljahu Foundation Jakarta, memberikan beberapa materi diantaranya Konseling Dasar, CBT Dalam Program Pemulihan Ketergantungan NAPZA, Teknik Penerapan Classical dan Operant Conditioning Pada Klien Ketergantungan NAPZA , Teknik Penerapan CBT Pada Beberapa Kondisi : Triger dan Craving NAPZA serta Kondisi yang Beresiko. Pada kesempatan yang sama, peserta workshop juga diberikan Teknik Penerapan CBT Keterampilan Menolak Tawaran Penggunaan NAPZA. Pada Workshop hari kedua, peserta juga diajak untuk mendalami materi dengan melakukan Praktek berdasarkan evaluasi materi yang telah diberikan.

Bertempat di Ruang Arjuna, workshop yang diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari perawat, dokter, dan psikolog yang terkait dengan penyalahgunaan NAPZA ini secara resmi dibuka oleh Kepala Bagian Diklit , dr. Nany Wulandari didampingi  Kepala Bidang Keperawatan, Susiati, SST,MM. Pada sambutannya disampaikan harapan agar hasil workshop ini nantinya dapat diserap dan diimplementasikan pada penatalaksanaan  penanganan NAPZA dan menjadikan RSJRW sebagai penyedia layanan NAPZA yang terbaik di kelasnya (srs hukormas rsjrw 0341 426015)

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials