Detail

Blog Image

SUKSES LAUNCHING POSYANDU JIWA DI KEC DAU

Proses awal pembentukan desa siaga sehat jiwa di Kec. Dau pada September 2018 yang lalu berbuah manis. Selasa 30 Oktober 2018 telah diresmikan Posyandu Jiwa di Desa Petung Sewu,  Kec. Dau, Kab. Malang. RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) bersama Puskesmas Dau, Pemerintah setempat dan Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Malang berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan jiwa terbaik bagi masyarakat.   

Pada peresmian posyandu, RSJRW yang diwakili oleh tenaga Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) Nur Asrori, SST berkesempatan memberikan sosialisasi pentingnya deteksi dini gangguan jiwa dan tata laksana merujuk pasien dengan gangguan jiwa. Lebih jauh disampaikan bahwa Kab Malang yang terdiri dari 33 kecamatan terdapat lebih dari 3.200 pasien dengan gangguan jiwa tersebar di 390 desa. Mengatasi hal tersebut idealnya setiap kecamatan ada satu posyandu jiwa.

Di kecamatan Dau tercatat sebanyak 78 ODGJ yang saat ini belum mendapatkan penanganan secara maksimal. Pada peresmian posyandu jiwa sebanyak 13 ODGJ telah mendapatkan pelayanan telepsikiatri dengan Psikiater RSJRW, dalam pemeriksaanya beberapa pasien yang membutuhkan penanganan lebih lanjut akan segera dirujuk ke RSJRW guna mendapatkan perawatan.

Pada kesempatan tersebut selain memberikan edukasi dan sosialisasi terkait permasalahan kesehatan jiwa, ODGJ, kader jiwa dan masyarakat yang hadir juga dilatih keterampilan membuat kemoceng yang diharapkan dapat menjadi bekal ODGJ dan ex-ODGJ untuk dapat berkarya.

Ke depan beberapa pihak terkait akan kembali merumuskan jenis kegiatan dan keterampilan yang diajarkan sesuai dengan potensi dan kearifan lokal warga setempat.     

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials