Detail

Blog Image

PENTINGNYA DUKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN DALAM PEMULIHAN ODGJ

Stigma Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) sebagai anggota masyarakat yang tidak berguna dan mengancam keamanan lingkungan tampaknya tidak berlaku bagi warga dusun Desa Klitik Wonoasri Kabupaten Madiun Jawa Timur. Hal tersebut dibuktikan dengan kegembiraan dan antusias warga dusun yang berbondong-bondong menyambangi rumah AMW 42 tahun yang pada 30 Oktober 2018 yang lalu. Warga bersama keluarga yang telah menanti larut dalam sukacita menyambut kepulangan AMW.

Pendamping ODGJ wilayah Madiun Bima mewakili keluarga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh civitas hospitalia yang telah merawat AMW hingga kondisinya membaik seperti saat ini

Yuniar SpKJ Direkur Medik dan Keperawatan turut menyampaikan apresiasinya kepada petugas pendamping ODGJ, keluarga dan masyarakat desa

“Bagi kami, ini sangat berharga.Tidak banyak orang bisa menerima kembali dengan penuh cinta dan sukacita saudaranya yang menyandang gangguan jiwa. Terimakasih banyak buat semua kawan di sini yang mendedikasikan waktunya untuk mengevakuasi pasien dan menyiapkan keluarga dan masyarakat untuk menerimanya kembali”

Sebelumnya AMW mengalami gangguan jiwa selama tiga tahun karena permasalahan ekonomi dan keluarga. Pemahaman yang kurang mengenai gangguan jiwa dan kentalnya mitos “gangguan jin” membuat keluarga membawa AMW berobat ke “orang pintar” yang diyakini dapat menyembuhkan kondisi AMW.

Dengan kondisi yang semakin memburuk AMW berhasil dievakuasi pada 20 September 2018 dan menjalani perawatan selama 40 hari di RSJRW. Setelah menjalani serangkaian perawatan AMW telah mengalami perkembangan positif dan kooperatif dan diperbolehkan pulang pada 30 Oktober 2018.

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials