Detail

Blog Image

Buah Plum Turunkan Berat Badan

Ayu Bulan Febry K. D, S.KM, MM

 

Belakangan ini masyarakat tengah menggandrungi diet dengan buah dan sayuran. Bagi para pecinta media sosial, tentu tidak asing lagi dengan berbagai iklan penurun berat badan. Salah satunya dengan menkonsumsi buah Plum.

Lantas, seperti apa sih buah plum ini?

Buah ini memang kurang populer di Indonesia. Bahkan  di dunia, hanya terdapat dua jenis utama tanaman plum, yakni Plum Eropa dan Plum Asia Barat.

Buah ini sedang menjadi tren di tengah masyarakat untuk dijadikan bahan utama menurunkan berat badan. Jadi, benarkah Buah Plum ini cocok untuk diet dan efektif untuk menurunkan berat badan?

Pada prinsipnya diet untuk menurunkan berat badan adalah memperbanyak konsumsi buah dan sayur segar yang relatif rendah kalori. Termasuk buah plum yang dapat menurunkan berat badan bisa turun lima  sampai sepuluh kilogram kalau makan plum saja.

Kendati demikian, buah plum tidak dianjurkan jadi makanan utama. Sebab tubuh akan kurang asupan zat gizi lainnya seperti protein dan lemak yang juga diperlukan tubuh. Porsi plum dan buah sayur lainnya yang direkomendasikan untuk dewasa yaitu sekitar 400-600 gram per hari. Artinya asupan makanan bagi tubuh harus tetap imbang, jangan hanya buah karena tubuh butuh asupan gizi lainnya.

Mengkonsumsi buah Plum sangat baik untuk diet asal sesuai anjuran. Selain itu buah plum kaya akan serat, antioksisan, vitamin, mineral, air, asam folat, zat besi, seng, kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berat badan bisa turun karena serat yang tinggi dapat membuat perut kenyang lebih lama, memerlancar pencernaan, mengurangi penyerapan lemak. Selain itu vitamin C-nya dapat memperlancar metabolisme tubuh sehingga lemak dalam tubuh dapat dibakar optimal.

Namun tidak semua orang bisa mengkonsumsi buah plum. Terutama bagi penderita sakit maag. Sebab asam lambung akan meningkat. Sehingga penderita merasakan kembung dan gangguan pencernaan lainnya seperti  kram perut dan diare.

Selain itu bagi yang mempunyai risiko diabetes melitus sebaiknya tidak berlebihan mengonsumsi buah ini karena dapat menaikkan gula darah.

 

 

Artikel telah di muat pada harian Malang Post dengan Link :

https://www.malang-post.com/ragam/fakta/buah-plum-turunkan-berat-badan

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials