Detail

Blog Image

TINGKATKAN KEMAMPUAN PENANGANAN GAWAT DARURAT PSIKIATRIK RSJRW SELENGGARAKAN PELATIHAN

Gawat darurat psikiatri merupakan penanganan klinis terkait dengan penanganan darurat pada pasien dengan gangguan jiwa yang memerlukan intervensi khusus. Kegawatdaruratan psikiatrik merupakan kasus umum yang terjadi di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) sebagai  penyedia layanan kesehatan khusus jiwa. Menyikapi hal tersebut rumah sakit melalui Bidang Keperawatan secara berkala menyelanggarakan Pelatihan Keperawatan Kegawat Daruratan Psikiatri untuk meningkatkan pemahaman tenaga perawat dan profesi lainnya yang menangani kegawatdaruratan psikiatri secara langsung. Tahun ini pelatihan diselenggarakan di Operation Room diikuti oleh 40 tenaga perawat dan tenaga satuan pengamanan dan dibuka secara resmi oleh Kasubbag Diklit Tenaga Keprawatan dan Non Medis Herie Juwanto, SST, SH.

Ditemui pada kesempatan yang sama Kepala Bidang Keperawatan Susiati, SST, MM memberikan keterangan bahwa pelatihan ini menjadi agenda penting yang harus dipahami oleh seluruh profesi yang menangani pasien. Lebih jauh disampaikan penanganan kegawatdaruratan psikiatri menjadi kondisi yang paling beresiko, maka selain meningkatkan pemahaman mengenai tata laksana perawatan pasien gaduh gelisah yang benar, pelatihan ini juga ditujukan untuk menyamakan persepsi bagi sejawat tenaga perawat untuk memberikan tatalaksana keperawatan yang aman bagi pasien yang sedang mengalami gaduh gelisah, dan aman  tenaga kesehatan yang menanganinya.

Para professional yang menangani kegawatdaruratan psikiatrik umumnya beresiko tinggi mendapatkan kekerasan akibat keadaan mental pasien yang tidak stabil. Sebagai upaya pendalaman materi penanganan gawat darurat prikiatri peserta pelatihan melakukan roleplay dan praktek langsung untuk mengimplementasikan materi yang telah diterima.

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials