Detail

Blog Image

JELANG HKJS 2018, RSJRW GAUNGKAN YOUTH’S VOICE MATTERS DI CFD MALANG

Menjelang Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) yang jatuh pada 10 Oktober 2018, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) bersama Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang, Puskesmas Ardimulyo, Desa Wonorejo, Kecamatan Singosari, dan Radar Malang menyelenggarakan sosialisasi Kesehatan Jiwa  pada Anak dan Remaja di Car Free Day (CFD) Kota Malang pada Minggu 7 Oktober 2018 yang lalu.

World Federation Mental Health (WFMH) tahun ini mengangkat tema Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja. Usia remaja hingga dewasa awal merupakan masa dimana perubahan banyak terjadi seperti pergantian sekolah, meninggalkan rumah, memulai perkuliahan, pekerjaan baru, dan perkembangan teknologi yang pesat. Disinilah masa masa menyenangkan terjadi, namun disisi lain konflik dan tekanan juga kerap mengikuti. Oleh karena itu sangat diperlukan menggugah kesadaran pemuda tentang pentingnya membangun ketahanan mental untuk menghempaskan berbagai tantangan hidup yang dialami setiap hari, dengan didukung oleh orangtua, guru, dan teman-teman maka tidak akan ada masalah yang tidak terpecahkan.

Acara bertajuk Youth's Voice Matters, diharapkan dapat menginspirasi khalayak muda beserta keluarga untuk beramai ramai berani untuk menyerukan isi hati serta aspirasi agar suara mereka turut didengar dan dapat meringankan beban yang selama ini tidak dapat diungkapkan. Kegiatan ini sarat akan berbagai kegiatan yang dapat membangun ketahanan mental anak, remaja dan keluarga. Beberapa kegiatan yang dapat menginsipirasi pengunjung CFD adalah pameran dan penjualan hasil karya Ex-ODGJ binaan RSJRW seperti sendal berbahan dasar spoons dan keset dari kain perca.

 

Tidak hanya itu pengunjung juga berkesempatan untuk melukis layang-layang aspirasi bersama keluarga,  Long March, Dance Bright  As the Sun, Petisi Dukung Kesehatan Mental, Teman Cerita, Bus Konsultasi Jiwa Anak Remaja, dan belajar keterampilan membuat manik-manik oleh Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI) simpul Malang

Di tengah kegiatan pengunjung CFD dikejutkan dengan penampilan Marching Band dari sekitar 500 siswa SMA Taruna Nusantara yang menyampaikan pesan Kesehatan Jiwa dengan cara yang meriah dan menyenangkan.

Memaknai HKJS lebih jauh, RSJRW mengajak seluruh masyarakat untuk mengarahkan mata, hati, dan telinga kepada anak, cucu, keponakan, dan semua anak remaja di sekeliling, agar keluarga sebegai lingkungan terdekat dapat kita mengenali sejak dini masalah-masalah kesehatan jiwa yg mereka alami. Cemas, depresi, psikosis, autism, hiperaktivitas, menolak sekolah, adiksi internet, menolak makan, suka melakukan kekerasan kepada binatang, bicara kotor, sulit bermain dengan teman sebaya dan tantrum adalah sebagian contoh masalah kesehatan jiwa yang harus dikenali secara dini. Deteksi dini gangguan jiwa didukung dengan penanganan yang tepat dapat menyelamatkan masa depan generasi penerus bangsa.  

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials